Lima Lokasi Pengamatan Burung Cendrawasih Dikenalkan Pada Publik

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Lima Lokasi Pengamatan Burung Cendrawasih Dikenalkan Pada Publik

Lima Lokasi Pengamatan Burung Cendrawasih Dikenalkan Pada Publik

KEPONEWS.COM - Lima Lokasi Pengamatan Burung Cendrawasih Dikenalkan Pada Publik Jum'at, 09 Juni 2017 | 14:41 WIBDaerah hutan di Jayapura, Papua.[TEMPO/ Arif Fadillah]Jakarta - World Wildlife Fund (WWF) Program Indonesia Region Papua bersama Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPL...

Jum'at, 09 Juni 2017 | 14:41 WIB

Lima Lokasi Pengamatan Burung Cendrawasih Dikenalkan Pada Publik

Daerah hutan di Jayapura, Papua.[TEMPO/ Arif Fadillah]

Jakarta - World Wildlife Fund (WWF) Program Indonesia Region Papua bersama Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) setempat mengenalkan lima tempat ekowisata burung Cendrawasih. "Acara melihat burung atau Bird Watching dan Konservasi cenderawasih ini untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017," kata Direktur WWF Program Indonesia Region Papua Benja Victor Mambai, di Jayapura, beberapa waktu lalu.

Pengembangan ekowisata ini rencananya dilaksanakan di Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura pada, Jumat, 9 Juni 2017. Adapun lima lokasi tersebut, ialah, "Rhepang Muaif dan Amai di Kabupaten Jayaoura serta Berawai, Poom dan Sawendui di Kabupaten Kepulauan Yapen," kata Benja.

Menurut Benja, selain itu, juga akan dikampayekan informasi konservasi hewan eksotis Indonesia timur tersebut khususnya wacana larangan penggunaan bulu burung cenderawasih asli sebagai aksesoris dan cinderamata.

"Rangkaian kegiatan tersebut sangat sesuai dengan cakupan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini yakni Connecting People to Nature," ujar Benja.

Dia menjelaskan dengan mengenalkan konservasi cenderawasih melalui ekowisata pemantauan burung, masyarakat dapat berinteraksi dan mendapatkan pengalaman langsung melihat bentuk dan mendengar suara hewan tersebut.

"Masyarakat akan mendapatkan pemahaman bahwa burung cenderawasih merupakan ikon keanekaragaman hayati Papua," katanya lagi.

Dia berharap hal itu menumbukan kesadaran nilai penting hutan. Kata dia, jikalau hutan tetap ada dan dikelola secara lestari, maka burung cenderawasih juga tetap ada."

ANTARA

Comments