Liga 1 2020 Dimulai, Intip Kekuatan Tim Kandidat Juara

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Liga 1 2020 Dimulai, Intip Kekuatan Tim Kandidat Juara

Liga 1 2020 Dimulai, Intip Kekuatan Tim Kandidat Juara

KEPONEWS.COM - Liga 1 2020 Dimulai, Intip Kekuatan Tim Kandidat Juara Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia alias Liga 1 2020 akan segera dimulai akhir pekan ini. Sebanyak 18 tim akan memperebutkan posisi puncak di akhir musim. Tidak mudah menebak siapa yang bakal meng...

Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia alias Liga 1 2020 akan segera dimulai akhir pekan ini. Sebanyak 18 tim akan memperebutkan posisi puncak di akhir musim.

Tidak mudah menebak siapa yang bakal mengangkat trofi di akhir musim ini. Berkaca dari beberapa musim ke belakang, persaingan untuk memperebutkan yang terbaik selalu berjalan ketat.

Seperti Liga 1 2017 dan 2018. Di mana tim juara baru diketahui di akhir musim. Meski pada musim setelahnya, tidak seperti sebelumnya, namun persaingan di papan bawah masih sama ketatnya.

Manajemen 18 tim yang berpartisipasi di Liga 1 2020 sudah memperkuat kekuatan masing-masing. Termasuk tiga pendatang baru yaitu Persiraja Banda Aceh, Persik Kediri, dan Persita Tangerang siap unjuk gigi menghadapi tim lainnya.

Lantas, siapa yang bakal menjadi juara Liga 1 musim? Rasanya masih sulit untuk ditebak.

Berikut Suara coba merangkum beberapa tim yang mempunyai kans merebut mahkota tersebut. Hal ini dilihat dari materi pemain, mental juara, dan beberapa faktor lainnya.

Pesepak bola Bali United melakukan pemanasan dalam sesi latihan di Lapangan Samudra Kuta, Badung, Bali, Jumat (17/1/2020). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nzPesepak bola Bali United melakukan pemanasan dalam sesi latihan di Lapangan Samudra Kuta, Badung, Bali, Jumat (17/1/2020). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nz

Bali United

Sebagai juara bertahan, Bali United tentu mempunyai sasaran mempertahankan gelar. Tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini telah memperkuat timnya demi mencapai sasaran tersebut.

Serdadu Tridatu julukan Bhayangkara FCmendatangkan beberapa pemain anyar pada musim ini. Sebut saja Nadeo Argawinata, Gavin Kwan Adsit, Rahmat, Hariono, dan Lerby Eliandry.

Pada musim ini, fokus Bali United harus terpecah. Karena, Spasojevic Cs juga bertanding di Piala AFC 2020.

Striker Persija Jakarta, Osvaldo Hay (kedua kanan) merayakan golnya bersama rekan-rekannya, pada laga uji coba kontra Geylang International di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/2/2020) malam. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]Striker Persija Jakarta, Osvaldo Hay (kedua kanan) merayakan golnya bersama rekan-rekannya, pada laga uji coba kontra Geylang International di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/2/2020) malam. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Persija Jakarta

Persija menjadi kandidat kuat menjadi kampiun musim ini. Perombakan besar-besaran yang dilakukan manajemen tim, kini membuat Persija dijuluki Los Galacticos.

Dari mulai manajemen, jajaran pelatih, hingga pemain ada perubahan jelang musim 2020. Ini semua dilakukan mereka agar prestasi buruk di musim lalu tidak terulang.

Bagimana tidak, juara di Liga 1 2018, Macan Kemayoran julukan Persijaharus finis di papan tengah klasemen musim berikutnya.

Tak ingin terulang, manajemen Persija menunjuk pelatih kaya akan pengalaman di sepak bola Asia adalah Sergio Farias. Juru racik asal Brasil tersebut pernah sukses bersama Pohang Steelers, klub asal Korea Selatan baik kompetisi domestik maupun Asia.

Persija juga mendatangkan sejumlah pemain berbobot. Seperti Otavio Dutra, Alfath Faathier, Rafli Mursalim, Evan Dimas, Marc Klok, Osvaldo Haay, dan eks pemain raksasa Serie A Juventus, Marco Motta.

Skuat Bhayangkara FC guna menghadapi Persebaya Surabaya di Piala Gubernur Jatim 2020 di di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Rabu (12/2/2020). (Foto: dok Media Bhayangkara FC) Skuat Bhayangkara FC guna menghadapi Persebaya Surabaya di Piala Gubernur Jatim 2020 di di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Rabu (12/2/2020). (Foto: dok Media Bhayangkara FC)

Bhayangkara FC

Sama halnya dengan Persija, Bhayangkara FC juga dijuluki tim bertabur bintang. Tim asal Jakarta Selatan ini memang mengejutkan pada bursa transfer musim ini.

Klub kepunyaan Polri ini membuat gebrakan dengan mendatangkan sejumlah pemain berlabel timnas Indonesia. Mereka ialah Andik Vermansah, Saddil Ramdani, Achmad Jufriyanto, dan Achmad Nur Hardianto.

The Guardian julukan Bhayangkara FCjuga merombak slot pemain asing. Empat pemain mereka datangkan, dan dua diantaranya sudah diketahui kualitasnya di Tanah Air.

Yaitu Lee Won-jae, Guy Herve, top skor Persib Bandung musim lalu Ezechiel N'Douassel, dan permain terbaik Liga 1 2019 Renan Silva.

Gelandang serang Persebaya Surabaya, Makan Konate (tengah) merayakan gol bersama David da Silva dan Mahmoud Eid, usai membobol gawang Persija Jakarta. (Dok. Persebaya)Gelandang serang Persebaya Surabaya, Makan Konate (tengah) merayakan gol bersama David da Silva dan Mahmoud Eid, usai membobol gawang Persija Jakarta. (Dok. Persebaya)

Persebaya Surabaya

Persebaya memang tidak segesit Persija atau Bhayangkara FC dalam perburuan pemain. Bahkan, Bajul Ijo julukan Persebayamalah kehilangan pemain penting seperti Osvaldo Haay yang ke Persija.

Meski begitu, tim asuhan Aji Santoso ini patut diperhitungkan. Juara di turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020 bisa menjadi patokan.

Tidak hanya itu, Green Force merupakan runner up musim lalu. Sempat terseok-seok di awal Liga 1 2019, namun mereka membuktikannya dan finis di posisi kedua di bawah Bali United.

Boaz TE Solossa (dua kiri) bersama sejumlah pemain tim Persipura Jayapura sedang berlatih di Batu, Malang, Jatim. (ANTARA /HO-Persipura Jayapura)Boaz TE Solossa (dua kiri) bersama sejumlah pemain tim Persipura Jayapura sedang berlatih di Batu, Malang, Jatim. (ANTARA /HO-Persipura Jayapura)

Persipura Jayapura

Persipura bisa menjadi kuda hitam di Liga 1 2020. Apalagi Mutiara Hitam julukan Persipuramerupakan salah satu tin tersukses di Indonesia

Banyak faktor yang menunjang Boaz Solossa Cs bisa jadi juara musim ini. Pertama,sosok Jacksen F Tiago yang membesut Persipura

Racikannya sangat pas untuk tim Persipura. Buktinya tiga gelar Indonesia Super League (ISL) 2008-2009, 2009-2010, dan 2012-2013 bersamanya bisa didapat.

Selain itu, Jacksen F Tiago berhasil membawa Persipura finis di posisi 4 klasemen akhir Liga 1 2019. Padahal sebelumnya, Persipura terseok-seok di papan bawah pada awal musim.

Kekuatan Persipura bertambah dengan kedatangan Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha dengan status pinjaman dari Arema FC.

Comments