Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Sarung

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Sarung

Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Sarung

KEPONEWS.COM - Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Sarung Jakarta - Kunjungan Presiden Jokowi ke Pekalongan kemarin mencuri perhatian publik, karena sarung yang dikenakannya. Kalau sedang liburan ke Lombok, coba deh cari sarung. Pulau Lombok, Nusa Tenggara B...

Jakarta - Kunjungan Presiden Jokowi ke Pekalongan kemarin mencuri perhatian publik, karena sarung yang dikenakannya. Kalau sedang liburan ke Lombok, coba deh cari sarung.

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat punya aneka jenis kain selain pantai yang cantik. Salah satunya, kain tenun yang dapat pula dipergunakan untuk sarung.

Kasi Produk Pariwisata Disbudpar NTB Siti Alfiah menjelaskan singkat kerajinan sarung dari daerahnya. Salah satunya yakni, sarung songket atau tenun.

"Kalau sarung itu jenisnya songket gedogan atau tenun. Ada sekitar 100 motif," kata Alfiah dalam pebincangan dengan detikTravel, Senin (9/1/2017).

Kain motif subahnala (dok Disbudpar NTB)Kain motif subahnala (dok Disbudpar NTB)Beberapa motif di antaranya seperti 'subahnala'. Ia memiliki motif yang pengerjaannya paling rumit. Ada pula motif keker, bulan begantung, wayang, petat, bangket, dan rang-rang.

Biasanya sarung tenun khas Lombok ini dijual di sentra oleh-oleh dan pasar seni. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang menguras kantong.

"Bisa dibeli di Sukarara, Desa Sade, dan sentra oleh-oleh. Harganya mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 10 juta yang memakai benang emas dan sutera," jelas Alfiah.

Setiap motif punya makna masing-masing (dok Disbudpar NTB)Setiap motif punya makna masing-masing (dok Disbudpar NTB)Dijelaskan Alfiah, sarung tenun ini biasa digunakan saat prosesi melahirkan, ulang tahun, perkawinan, sampai kematian. Beda motif, beda pula acaranya.

"Tapi, saat ini sudah bebas penggunannya," pungkas dia.

Jadi, kalau kamu liburan ke Lombok, jangan lupa beli oleh-oleh sarung ya!

(rdy/fay)

Comments