Lezatnya Ikan Goreng Atau Bakar Sambal Colo-Colo

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Lezatnya Ikan Goreng Atau Bakar Sambal Colo-Colo

Lezatnya Ikan Goreng Atau Bakar Sambal Colo-Colo

KEPONEWS.COM - Lezatnya Ikan Goreng Atau Bakar Sambal Colo-Colo TERNATE - Rasanya kurang komplit bila berkunjung ke Provinsi Maluku Utara tidak merasakan sambal colo-colo. Sambal colo-colo ini merupakan salah satu resep andalan dari daerah tersebut.Sambal colo-col...

TERNATE - Rasanya kurang komplit bila berkunjung ke Provinsi Maluku Utara tidak merasakan sambal colo-colo. Sambal colo-colo ini merupakan salah satu resep andalan dari daerah tersebut.

Sambal colo-colo ini memang lezat kalau dipadukan dengan ikan segar yang diolah dengan cara digoreng mau pun dibakar. Biasanya masyarakat Provinsi Maluku Utara terutama masyarakat Ternate menjadikan ikan laut goreng mau pun ikan laut bakar dengan sambal colo-colo untuk hidangan utama.

Sambal colo-colo ini bahannya pun mudah didapatkan di pasar tradisional. Untuk membuat sambal colo-colo ini, bahan yang digunakan yakni hanya bawang merah, cabai rawit, tomat, daun kemangi, mentimun dan jeruk nipis kecil untuk olahan makanan jenis ikan laut.

Semua bahan tersebut diris kecil-kecil dan langsung dilumurkan diatas ikan laut goreng mau pun bakar. Terakhir, jeruk nipis pun diperas secara merata diatas badan ikan, kemudian disajikan.

Ikan laut goreng atau bakar dengan sambal colo-colo bisa ditemui di Kedai Bu Yun. Lokasinya berada di depan Taman Nukila, Kecamatan Kota Ternate Tengah. Harganya pun sangat murah. Di Kedai Bu Yun harga makanan olahan tersebut hanya dibanderal senilai Rp. 40 ribu per porsinya dengan menggunakan sepiring nasi putih.

"Ikan laut bakar atau goreng sambal colo-colo ini memang jadi ciri khas makanan orang Ternate. Cara buatnya sangat mudah kok," ujar Yuni Kristanti sang empunya Kedai Bu Yun ketika diwawancara Tribunnews, Jumat (14/7/2017) usai melalukan makan siang bersama Tim Terios 7-Wonders Wonderful Moluccas.

Yuni mengatakan, untuk menjaga cita rasa, bahan yang digunakan untuk membuat ikan goreng atau bakar sambal colo-colo harus yang segar. Jikalau tidak, rasa kekhasan perpaduan asam dari jeruk nipis, pedas, segarnya mentimun dan wanginya dari daun kemangi ketika dimulut akan berkurang.

"Kalau bahannya enggak segar rasanya kurang mantap, kurang lezat. Karena proses pembuatannya itu secara dadakan. Dan semuanya serba fresh," ujar Yuni.

Yuni menambahkan, ikan yang digunakan pun juga diambil langsung dari nelayan pada hari yang sama dimana olahan tersebut dijual di kedainya. Bahkan, ikan yang digunakan juga harus ikan dasar. Maksudnya, kata Yuni, ikan yang digunakan merupakan jenis kerapu, kutila dan kakap.

"Kalau bukan ikan dasar sambal colo-colo juga kurang pas disajikan dengan ikan lainnya. Walau pun ikannya memang masih segar," kata dia.

Kalau datang ke Ternate, travellers paling tidak harus mampir ke Kedai Bu Yun. Selain menyajikan berbaga makanan dari olahan laut, Kedai Bu Yun ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Travellers bisa makan sambil memandang hampatan Laut Halmahera dan pegunungan yang ada di tengah-tengah pulau yang ada di laut tersebut

Lezatnya Ikan Goreng Atau Bakar Sambal Colo-Colo

Comments