Lestarikan tradisi, ini 7 momen tedhak siten anak dokter Reisa Broto

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Lestarikan tradisi, ini 7 momen tedhak siten anak dokter Reisa Broto

Lestarikan tradisi, ini 7 momen tedhak siten anak dokter Reisa Broto

KEPONEWS.COM - Lestarikan tradisi, ini 7 momen tedhak siten anak dokter Reisa Broto Kabar bahagia datang dari keluarga dokter cantik Reisa Broto Asmoro atau yang lebih dikenal dengan Reisa 'Dr Oz'. Pasalnya, Sabtu (20/10) kemarin, ia telah menggelar upacara tedhak siten untuk anak ke...
Loading...

Kabar bahagia datang dari keluarga dokter cantik Reisa Broto Asmoro atau yang lebih dikenal dengan Reisa 'Dr Oz'. Pasalnya, Sabtu (20/10) kemarin, ia telah menggelar upacara tedhak siten untuk anak keduanya, R Satriyo Daniswara Brotoasmoro yang kini berusia 7 bulan.

Tedhak siten itu sendiri merupakan suatu upacara dalam tradisi budaya Jawa yang dilakukan ketika anak belajar berjalan. Biasanya, ia dilaksanakan saat usia sang anak menginjak 7 atau 8 bulan. Secara umum, upacara tersebut mengajarkan konsep kemandirian kepada anak.

Lepas dari itu, acara tersebut berjalan lancar. Semua anggota keluarga, saudara, dan sahabat terdekat datang untuk memeriahkan acara tersebut.

Tampak dalam foto-foto yang diunggahnya di Instagramnya, ia bersama suami dan kedua anaknya mengenakan kain batik berwarna sama. Oleh sang suami, kain batik tersebut dipadukan dengan beskap berwarna senda. Sementara itu, oleh dr Reisa, kain batiknya dipadu dengan kebaya berwarna biru muda.

Dilansir dari akun Instagram @reisabrotoasmoro, berikut 7 momen tedhak siten anak dr. Reisa Broto Asmoro, Minggu (21/10).

1. Melalui akun Instagramnya dr Reisa mengatakan bahwa terdapat beberapa tahapan penting dalam upacara tersebut.

2. Salah satunya ialah tedhak (injak) jadah atau ketan yang berjumlah 7 buah dengan warna yang berbeda-beda.

3. Masing-masing warna tersebut melambangkan banyak sekali unsur kehidupan di dunia ini.

4. Terdapat pula kurungan ayam yang mana melambangkan dunia ini hanyalah fana.

5. Lebih jauh, kurungan tersebut juga merupakan simbol harapan agar sang anak dapat mengenali dan dikenali oleh lingkungannya, berbaur dengan alam, dan mau mengerti akan alam tempatnya berpijak.

6. Di dalam kurungan tersebut juga terdapat benda-benda yang bisa dipilih oleh sang buah hati.

7. Benda yang dipilih oleh sang anak tersebut menjadi gambaran akan profesi atau kegiatan yang akan ditekuni olehnya ketika dewasa nanti.

Loading...

Comments