Lerik, Daerah di Azerbaijan Tempat Orang-orang Berumur Panjang

Unik

Ragam / Unik

Lerik, Daerah di Azerbaijan Tempat Orang-orang Berumur Panjang

Lerik, Daerah di Azerbaijan Tempat Orang-orang Berumur Panjang

KEPONEWS.COM - Lerik, Daerah di Azerbaijan Tempat Orang-orang Berumur Panjang Lerik, sebuah wilayah pegunungan di selatan Azerbaijan, terkenal sebagai rumah bagi para lansia yang luar biasa tinggi. Daerah di mana orang cenderung hidup lebih lama dari rata-rata dikenal sebaga...

Lerik, sebuah wilayah pegunungan di selatan Azerbaijan, terkenal sebagai rumah bagi para lansia yang luar biasa tinggi.

Daerah di mana orang cenderung hidup lebih lama dari rata-rata dikenal sebagai zona biru , dan kami sebelumnya telah membahas beberapa di antaranya pulau Okinawa Jepang dan Ikaria, pulau umur panjang Yunani. Namun, ada tempat yang terkenal dengan penduduk setempat berumur panjang yang tidak resmi dikategorikan sebagai zona biru.

Salah satu tempat tersebut ialah Lerik, sebuah wilayah di Pegunungan Talysh di Azerbaijan selatan, yang terkenal dengan jumlah centenarian yang tinggi dan bahkan satu-satunya Museum Umur Panjang di dunia.

Menurut Azer Tag, kantor isu Azerbaijan, Lerik pernah menjadi rumah bagi lebih dari 500 centenarian, kira-kira satu persen dari seluruh populasinya. Jumlah itu menyusut menjadi sekitar 100 dari sekitar 63.000 penduduk, dan menjadi lebih dari 20 centenarian yang diketahui saat ini. Penurunan tajam jumlah centenarian biasanya dikaitkan dengan faktor-faktor yang terkait dengan kehidupan modern, seperti polusi, makanan olahan, dan stres.

Tetap saja, reputasi Lerik sebagai tanah umur panjang tetap hidup melalui sejarahnya dan para centenarian legendaris seperti Shirali Muslumov yang secara virtual menempatkan wilayah tersebut di peta dunia. Bahwa Muslumov meninggal pada tahun 1973 merupakan fakta yang terdokumentasi, tetapi dia mengaku lahir pada tahun 1805, yang membuatnya berusia 168 tahun, 52 tahun lebih tua dari pria tertua yang diverifikasi di dunia, dan 46 tahun lebih tua dari wanita tertua yang pernah diketahui.

Muslumov mengaku telah ada ketika harimau Kaspia yang sekarang sudah punah menjadi hal biasa di Pegunungan Talysh, dan ketika menculik seorang pengantin ialah praktik umum. Dia dikatakan telah menjadi ayah seorang anak pada usia 80 tahun, dengan istri keduanya yang baru berusia 36 tahun, dan menghasilkan total 330 keturunan yang diperpanjang menjadi lima generasi.

Saudara laki-laki Muslumov, Mahm d Eyvazov, diduga hidup sampai usia 150 tahun, dan istrinya, Gizil Guliyeva, hidup sampai usia 120 tahun. Salah satu putrinya masih tinggal di Lerik dan mewarisi gennya, karena dia berusia 95 tahun dan sangat sehat. Dia benar-benar memenuhi syarat sebagai salah satu centenarian di daerah itu, karena di sini kata tersebut merujuk pada orang yang berusia di atas 90 tahun.

Shirali Muslumov, centenarian Lerik yang paling terkenal, terkenal secara internasional selama masa hidupnya. Dia mendapatkan surat ucapan selamat dari orang-orang seperti pemimpin Vietnam Ho Chi Minh, dan menarik perhatian dokter Harvard Alexander Leaf, yang mengunjungi wilayah tersebut pada tahun 1973 untuk mempelajari rahasia umur panjangnya. Dia menemukan seorang petani berusia 117 tahun, yang masih bekerja di ladang, seorang penggembala berusia 108 tahun yang mengaku hidup bebas stres, dan orang lain yang tampaknya memastikan bahwa ada sesuatu yang istimewa perihal tempat ini.

Sayangnya, ketenaran umur panjang tampaknya lebih merugikan Lerik daripada kebaikan. Itu membuka wilayah pegunungan ke dunia luar dan semua godaannya. Meskipun produk segar, dan produk susu serta daging yang bersumber secara lokal masih tersedia, kini mereka dibayangi oleh cokelat batangan dan minuman manis lainnya, serta vodka dan minuman beralkohol lainnya.

Tidak pernah jelas apakah Lerik berutang umur panjang penduduknya pada satu hal, atau kombinasi faktor-faktor seperti kehidupan tanpa beban, udara pegunungan yang segar, atau pola makan yang bersih, tetapi sesuatu tampaknya telah berubah dalam beberapa dekade terakhir, meskipun orang-orang di sini masih mencoba untuk melakukannya berpegang teguh pada reputasi mereka.

Museum Umur Panjang Lerik, sebuah bangunan bata kecil di kota Lerik, penuh dengan penghormatan kepada para centenarian di wilayah tersebut, dari Shirali Muslumov yang terkenal, hingga orang-orang biasa yang hidup hingga usia sembilan puluhan dan seterusnya. Ini terdiri dari dua aula dan lebih dari 2.000 pameran, termasuk foto dan dokumen yang berkaitan dengan puluhan centenarian.(yn)

Sumber: odditycentral

Comments