Lebih Sehat, 5 Pengganti Gula Putih Ini Bisa Anda Coba

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Lebih Sehat, 5 Pengganti Gula Putih Ini Bisa Anda Coba

Lebih Sehat, 5 Pengganti Gula Putih Ini Bisa Anda Coba

KEPONEWS.COM - Lebih Sehat, 5 Pengganti Gula Putih Ini Bisa Anda Coba Gula putih yang juga disebut gula pasir atau gula meja terbuat dari tebu rafinasi. Karena gula putih merupakan hasil dimurnikan dan diproses dengan kalori kosong, maka mengonsumsinya dalam jumlah besa...

Gula putih yang juga disebut gula pasir atau gula meja terbuat dari tebu rafinasi. Karena gula putih merupakan hasil dimurnikan dan diproses dengan kalori kosong, maka mengonsumsinya dalam jumlah besar dapat menyebabkan obesitas, kelebihan lemak perut, diabetes, dan penyakit jantung.

Dengan gaya hidup yang sibuk, mungkin Kamu tidak punya waktu untuk memikirkan jumlah gula yang dikonsumsi. Meski begitu, ada pengganti gula putih terbaik yang juga sehat dan efektif. Apa saja? Berikut dihimpun dari Pinkvilla.

1. Gula merah

Gula merah kurang halus dibandingkan dengan gula putih. Kehadiran molase dalam gula merah dapat membantu meningkatkan metabolisme. Gula merah mengandung banyak sekali mikronutrien seperti seng, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin B-6, yang penting untuk fungsi tubuh yang sehat.

Studi: Makanan dan Minuman Kemasan Bertambah Manis dalam 10 Tahun Terakhir

2. Kelapa atau gula aren

Kelapa atau gula aren ialah pemanis alami lain yang sangat sehat. Diekstraksi melalui kuncup bunga pohon kelapa, rasa gula ini sangat ringan dan dapat digunakan dalam banyak cara. Indeks glikemik yang rendah dan kandungan fruktosa yang rendah ialah salah satu alasannya menjadi salah satu favorit orang yang sadar kesehatan.

Ilustrasi gula aren. [Istimewa]Ilustrasi gula aren. [Istimewa]

3. Kurma

Kurma ialah pengganti gula alami lain yang mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada gula rafinasi lainnya. Kehadiran serat dalam kurma membantu menyeimbangkan gula yang mencegah lonjakan gula darah yang drastis.

Kurma juga merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan.

PTPN X Mulai Masa Produksi Gula Dalam Negeri

4. Honey

Madu merupakan cairan manis alami yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Tapi pastikan untuk memilih varietas mentah yang kurang diproses karena mengandung lebih banyak enzim, vitamin, nutrisi, dan antioksidan.

5. Stevia

Stevia ialah pengganti gula yang terbuat dari daun tanaman stevia. Ini mempunyai rasa manis 300 kali lebih banyak daripada gula, tetapi tidak mengandung karbohidrat, kalori, atau bahan buatan. Karena bebas kalori sehingga dapat membantu Kamu menurunkan berat badan juga.

Mengganti gula rafinasi dengan pengganti gula di atas dapat membantu menurunkan risiko, tetapi pada akhirnya mengonsumsi apa pun dalam jumlah berlebihan juga tidak baik. Jadi tetaplah bijak dalam mengonsumsinya ya!

Comments