Lebih Seabad Tak Terlihat, Burung Hantu Raksasa Ini Akhirnya Menampakkan Diri

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Lebih Seabad Tak Terlihat, Burung Hantu Raksasa Ini Akhirnya Menampakkan Diri

Lebih Seabad Tak Terlihat, Burung Hantu Raksasa Ini Akhirnya Menampakkan Diri

KEPONEWS.COM - Lebih Seabad Tak Terlihat, Burung Hantu Raksasa Ini Akhirnya Menampakkan Diri SEEKOR burung hantu raksasa yang tidak pernah terlihat di alam liar selama 150 tahun lamanya, akhirnya muncul di hutan hujan Ghana. Hal itu meningkatkan harapan akan kelangsungan hidup spesies ini yan...

SEEKOR burung hantu raksasa yang tidak pernah terlihat di alam liar selama 150 tahun lamanya, akhirnya muncul di hutan hujan Ghana. Hal itu meningkatkan harapan akan kelangsungan hidup spesies ini yang sangat rentan terhadap kepunahan.

Burung hantu elang Shelley terlihat di Hutan Atewa pada 16 Oktober lalu oleh ahli biologi Imperial College, London, Joseph Tobias dan pakar ekologi, Robert Williams.

Terakhir kali burung itu terlihat di Ghana pada tahun 1870-an, tahun yang sama saat pertama kali dideskripsikan sebagai burung hantu nokturnal yang dijuluki 'Cawan Suci' oleh para pengamat burung di Afrika.

Meski banyak sangkaan penampakan dalam beberapa dekade terakhir di Afrika Tengah dan Barat dan sejauh Angola dan Liberia, semua itu belum terkonfirmasi.

Lebih sering dilaporkan terdengar daripada terlihat, burung hantu elang Shelley dikatakan membuat suara 'kooouw' khas yang lebih tinggi nadanya daripada suara burung hantu lainnya.

Kena Serangan Jantung, Anjing Ini Mati dalam Pesawat

Satu-satunya foto burung yang diketahui ialah gambar kasar yang diambil dari spesimen penangkaran yang disimpan di balik jeruji di Kebun Binatang Antwerpen, Belgia pada 1975.

Burung Hantu Elang Shelley

(Foto: John Gerrard Keulemans)

Sementara itu, beberapa orang mengklaim bahwa foto 2005 yang diambil di Kongo menunjukkan spesimen yang lebih baru, tetapi gambar tersebut dikatakan terlalu berpiksel untuk memastikannya.

Mengingat kelangkaannya, dengan perkiraan populasi hanya beberapa ribu individu. Burung Hantu Elang Shelley dianggap rentan punah.

Para peneliti burung di Ghana mempelajari dampak biologis dari pembangunan pertanian di Afrika sebagai bagian dari proyek yang didanai Pemerintah Inggris. Proyek itu secara tak disadari telah mengganggu burung itu dari tempat bertenggernya di siang hari.

"Itu sangat besar, pada awalnya kami mengira itu elang," kata Tobias.

Comments