Lebih Efektif Mana Cuci Tangan dengan Air Panas atau Air Dingin?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Lebih Efektif Mana Cuci Tangan dengan Air Panas atau Air Dingin?

Lebih Efektif Mana Cuci Tangan dengan Air Panas atau Air Dingin?

KEPONEWS.COM - Lebih Efektif Mana Cuci Tangan dengan Air Panas atau Air Dingin? Salah satu upaya paling sederhana untuk melindungi diri dari paparan virus corona (COVID-19) ialah rajin cuci tangan memakai air mengalir dan sabun antiseptic. Saat mencuci tangan memakai air, kita cu...

Salah satu upaya paling sederhana untuk melindungi diri dari paparan virus corona (COVID-19) ialah rajin cuci tangan memakai air mengalir dan sabun antiseptic.

Saat mencuci tangan memakai air, kita cukup familiar dengan konsep mencuci tangan memakai air panas. Suhu panas dianggap lebih efektif membunuh kuman dan bakteri jahat.

Tapi dalam prakteknya, cuci tangan dengan air panas sulit dilakukan. Lalu apakah ini artinya mencuci tangan dengan air dingin dinilai kurang efektif untuk membuat tangan bersih dari kuman dan bakteri jahat?

cuci tangan efektif cegah corona

Tenang, jangan panik dulu! Mencuci tangan dengan air dingin disebutkan lebih efektif daripada yang kita kira loh! Sebagaimana dilansir Thelist, Senin (30/3/2020) menurut studi yang tertera dalam Journal of Food Protection ditemukan fakta bahwa suhu air bukanlah faktor terbesar dalam membunuh kuman di tangan.

Alih-alih suhu air, ternyata efek yang lebih kuat diciptakan oleh busa sabun. Penelitian yang melibatkan kelompok sampel terdiri dari 20 orang ini memakai sabun antimikroba, dengan tujuan untuk menguji coba efektivitas membunuh bakteri E. Coli.

Studi di atas, disebutkan lebih lanjut menyokong studi penelitian sebelumnya yang digelar pada 2013 lalu, yang terdaftar di situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan PubMed, mencatat bahwa suhu bukanlah faktor utama dalam menentukan efektivitas saat membersihkan.

panduan mencuci tangan

Dalam tata cara mencuci tangan, direkomendasikan untuk mengikuti petunjuk yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Pedoman yang dikeluarkan CDC, mencuci tangan yang benar untuk mencegah virus corona serta melindungi dari kuman dan bakteri lain.

Adalah dengan memakai air yang mengalir, pertama dengan membasahi tangan dan menggosoknya dengan sabun sampai berbusa, pastikan kita menggosok seluruh bagian tangan setidaknya selama 20 detik.

Tidak perlu sabun khusus antibakteri, sabun biasa pun diperkenankan untuk digunakan cuci tangan. Mengingat sejauh ini, Pusat Pengendalian Penyakit tidak mempunyai data yang menunjukkan sabun antibakteri lebih efektif.

(ful)

Comments