Lebih Banyak Pasir di Bumi atau Bintang di Langit? Coba Tebak!

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Lebih Banyak Pasir di Bumi atau Bintang di Langit? Coba Tebak!

Lebih Banyak Pasir di Bumi atau Bintang di Langit? Coba Tebak!

KEPONEWS.COM - Lebih Banyak Pasir di Bumi atau Bintang di Langit? Coba Tebak! NGC 4639, salah satu galaksi luar berbentuk spiral. (NASA) Pernahkah kamu bertanya-tanya berapa banyak pasir di Bumi dan berapa banyak bintang di langit? Kira-kira, kalau dihitung jumlahnya banyakan...

NGC 4639, salah satu galaksi luar berbentuk spiral. (NASA)

Pernahkah kamu bertanya-tanya berapa banyak pasir di Bumi dan berapa banyak bintang di langit? Kira-kira, kalau dihitung jumlahnya banyakan yang mana?

Jangan dikira tidak ada yang tertarik untuk menghitung berapa banyak pasir di Bumi. Begitu juga, ada yang mencoba menghitung berapa banyak bintang di langit.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekelompok ilmuwan dari Universitas Hawaii telah mencoba menghitung jumlah pasir di Bumi.

Sebagaimana dilansir laman Exploring Our Fluid Earth, disebutkan bahwa bila mengasumsikan sebutir pasir mempunyai ukuran tertentu yang sama dan menghitung berapa banyak butir pasir dalam satu sendok teh.

Lalu mengalikan jumlahnya dengan semua pantai dan gurun di seluruh dunia, maka Bumi mempunyai sekitar tujuh triliun lima ratus kuadriliun butir pasir.

Sekelompok ilmuwan dari Universitas Hawaii telah mencoba menghitung jumlah pasir di Bumi.Sekelompok ilmuwan dari Universitas Hawaii telah mencoba menghitung jumlah pasir di Bumi.

Sementara itu, menurut laman ESA (European Space Agency), jumlah bintang yang ditampilkan saat malam hari hanyalah beberapa ribu dari total keseluruhan bintang yang ada.

Jumlah bintang di alam semesta dikehui mencapai 70 sekstiliun atau sama dengan angka 7 diikuti 22 angka 0 dibelakangnya.

Para astronom memang tidak menghitung bintang-bintang tersebut secara individual, sebaliknya mereka mengukur kuantitas yang terintegrasi seperti jumlah dan luminositas galaksi.

Dengan kata lain, bintang-bintang di langit mempunyai jumlah lebih banyak daripada pasir di Bumi. Terlebih, saat ini mungkin masih banyak bintang yang belum terdeteksi oleh ilmu sains.

Lebih Banyak Pasir di Bumi atau Bintang di Langit? Coba Tebak! - 2

Itulah hasi penasara para ilmuwan mengenai berapa banyak pasir di Bumi dan berapa banyak bintang di Langit. Meski tidak ada angka pastinya, tapi terlihat mana yang lebih banyak. ( Lintang Siltya Utami).

Comments