Lawan Iklan Mengganggu, Google Play Store Hapus Ratusan Aplikasi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Lawan Iklan Mengganggu, Google Play Store Hapus Ratusan Aplikasi

Lawan Iklan Mengganggu, Google Play Store Hapus Ratusan Aplikasi

KEPONEWS.COM - Lawan Iklan Mengganggu, Google Play Store Hapus Ratusan Aplikasi Software Google Play Store. Google Play Store tengah melakukan bersih-bersih beberapa software. Setidaknya hampir 600 software dengan iklan mengganggu telah dihapus. Hal ini dilakukan demi membersih...

Software Google Play Store.

Google Play Store tengah melakukan bersih-bersih beberapa software. Setidaknya hampir 600 software dengan iklan mengganggu telah dihapus.

Hal ini dilakukan demi membersihkan Google Play Store dari iklan software mengganggu dan penipuan di perangkat seluler.

Kebijakan Google tidak mengizinkan iklan tampil ketika software tidak digunakan atau mengelabui pengguna untuk mengklik iklan secara tidak sengaja.

Google, seperti dilansir Suara dari The Verge, Jumat (21/2/2020), mendefinisikan iklan mengganggu sebagai "iklan yang ditampilkan kepada pengguna dengan cara yang tidak terduga, termasuk merusak atau mengganggu kegunaan fungsi perangkat."

Contoh dari iklan mengganggu, demikian jelas Manager Ad Traffic Quality Google, Per Bjorke, merupakan iklan yang muncul memenuhi layar selama panggilan telepon atau saat memakai software navigasi, menurut Senior Product

Bjorke juga mengatakan bahwa Google telah mengembangkan "pendekatan berbasis pembelajaran mesin" untuk membantu mendeteksi iklan di luar konteks software.

"Pengembang jahat menjadi lebih cerdas dalam menyebarkan dan menutupi iklan yang mengganggu, tetapi kami telah mengembangkan teknologi baru kami sendiri untuk melindungi pengguna dari perilaku ini," kata Bjorke.

Google Play Store [shutterstock]Google Play Store [shutterstock]

Menurut laporan BuzzFeed News, sebagian besar software yang ditemukan melanggar aturan tersebut dibuat oleh pengembang yang berbasis di China, India, dan Singapura, dan mayoritas ditujukan untuk pengguna yang berbahasa Inggris.

Menurut Bjorke, pengembang yang melanggar aturan tersebut telah memakai teknik serupa untuk menghindari deteksi, tetapi dia tidak mengetahui apakah hal itu merupakan upaya yang terkoordinasi.

Bjorke menambahkan bahwa Google akan menunjukkan pengembalian uang kepada merek yang iklannya kemungkinan terpengaruhi oleh pop-up yang mengganggu.

Ini bukan kali pertama Google melakukan tindakan keras kepada pengembang. Pada bulan Juli, Google melarang pengembang China, CooTek, yang memakai plug-in adware untuk mengirim iklan secara proaktif kepada pengguna, bahkan ketika sebuah software tidak digunakan.

Itulah upaya bersih-bersih Google Play Store dari software dengan iklan mengganggu dan penipuan. ( Liberty Jemadu).

Comments