Latihan Pikiran untuk Kesehatan Mental, Begini Tipsnya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Latihan Pikiran untuk Kesehatan Mental, Begini Tipsnya

Latihan Pikiran untuk Kesehatan Mental, Begini Tipsnya

KEPONEWS.COM - Latihan Pikiran untuk Kesehatan Mental, Begini Tipsnya MENURUT laporan Psychology Today, manusia pada umumnya mempunyai 70.000 pikiran setiap harinya. Di antara banyaknya pikiran itu, kita yang harus memilih pikiran mana yang menyokong hidup kita, atau se...

MENURUT laporan Psychology Today, manusia pada umumnya mempunyai 70.000 pikiran setiap harinya. Di antara banyaknya pikiran itu, kita yang harus memilih pikiran mana yang menyokong hidup kita, atau sebaliknya malah menghancurkan kita.

Nah, bagaimana caranya berpikir dengan cara sehat dan tepat sehingga pikiran itu tidak menghancurkan kehidupan kita? Berikut ini 5 jenis latihan pikiran yang dapat kita ikuti demi pikiran yang lebih sehat dan bahagia:

Bulan Madu di Swiss, Syahrini Kalap Makan Oyster Sampai 2 Ronde

1. Bedakan antara berpikir (refleksi) dengan pemecahan masalah

Kita cenderung senang untuk berpikir jauh dan mendalam seolah menganggap pikiran kita bisa memecahkan masalah yang ada. Tetapi, berpikir dan refleksi saja tanpa aksi hanya akan membuat Kamu makin lelah.

Jikalau Kamu benar-benar ingin menghadapi masalah, ambil waktu tertentu untuk memikirkannya. Jangan terus-menerus memaksa otak Kamu untuk berpikir tanpa solusi. Kadang kala Kamu perlu menyegarkan otak dengan berhenti memikirkan masalah hidup Kamu.

2. Beri diri Kamu nasihat yang sama seperti Kamu menasihati orang lain

Sering kali kita tidak memperlakukan diri kita sama baiknya dengan orang lain. Kita sering sangat kritis dan menekan diri kita dengan pikiran-pikiran yang titdak menentu. Ada kalanya Kamu perlu berbelas kasih terhadap diri sendiri, demi kebaikan diri sendiri. Biasakan untuk berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang sama Kamu berbicara pada orang lain yang Kamu kasihi.

3. Kenali emosi

Banyak orang yang tidak ingin menunjukkan perasaannya sehingga dia cenderung mengabaikannya. Akhirnya, mereka sulit untuk mengenali perasaan dan pikiran yang mengganggunya.

Untuk mendapatkan cara berpikir yang sehat, Kamu harus belajar mengakui emosi diri sendiri. Kenali emosi yang Kamu alami, terima kenyataannya, lalu pertimbangkan apakah Kamu perlu membiarkan emosi itu mengendalikan diri Kamu atau tidak.

4. Seimbangkan emosi dengan logika

Ketika Kamu sangat emosional, cobalah untuk menyeimbangkan emosi itu dengan pikiran yang rasional dan logis. Cara terbaik untuk menyeimbangkan keduanya ialah dengan membuat daftar pro dan kontra dari pilihan dan pikiran Kamu. Setelah itu Kamu akan menyadari apa yang penting untuk dipertahankan dalam pikiran dan perasaan Kamu, dan mana yang tidak penting.

Liburan Syahrini-Reino Barack di Swiss, Pesta Oyster sampai Jacuzzi Bareng

5. Latihan bersyukur

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat fisik dan psikologis dari bersyukur, salah satunya ialah membuat Kamu lebih bahagia. Cobalah membiasakan diri untuk membicarakan hal yang Kamu syukuri, menuliskan hal-hal baik yang Kamu syukuri setiap hari. Latih otak Kamu untuk mencari dan menemukan hal-hal baik dalam hidup Kamu untuk disyukuri.

(dno)

Comments