Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang Rontok

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang Rontok

Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang Rontok

KEPONEWS.COM - Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang Rontok Jakarta - Sering kali kita kesal ketika komputer yang sedang dipakai tiba-tiba mengeluarkan suara aneh, lalu jadi melambat loading-nya alias lemot. Tahukah kamu, penyebab laptop menjadi lemot ternyata...
Jakarta - Sering kali kita kesal ketika komputer yang sedang dipakai tiba-tiba mengeluarkan suara aneh, lalu jadi melambat loading-nya alias lemot. Tahukah kamu, penyebab laptop menjadi lemot ternyata bukan hanya karena masalah teknis?

Komputer menjadi lemot karena banyak sekali faktor. Rata-rata penyebabnya karena sistem operasional yang ketinggalan zaman, virus, atau terlalu banyak software.

Tapi ternyata ada hal tak terduga yang membuat kerja laptop jadi lemot. Yakni kebiasaan penggunanya yang jorok.

Seperti dikutip dari Allure, sebuah stasiun isu lokal di Florida, WFTS, baru-baru ini mengadakan diskusi bersama Best Buy Geek Squad jasa servis perlindungan dan perbaikan komputeruntuk mencari tahu alasan kecepatan kerja laptop melambat. Jawabannya mencengangkan.

Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang RontokFoto: Thinkstock
Menurut mereka, selain yang akan terjadi dari kebiasaan mengunduh file berukuran besar dari internet dan juga kebanyakan software, laptop lemot juga bisa disebabkan oleh penumpukan serpihan kulit mati penggunanya. Eww!

"Bekas debu, makanan dan sampah lainnya menumpuk di komputer, khususnya berkumpul pada kipas di dalam komputer," ujar Adam Silkey dari Best Buy Geek Squad.

Menurut Adam Silkey, kipas berfungsi menjaga komputer agar tidak panas dan kecepatannya stabil. Penumpukan debu, sisa makanan dan sampah bisa menghambat kipas untuk melakukan fungsinya.

Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang RontokFoto: Gettyimages
Perihal debu dan sampah lainnya yang dimaksud Adam Silkey, kebanyakan bersumber dari sel kulit mati. Secara tidak sadar, sel kulit mati bisa rontok dan masuk ke dalam kipas komputer melalui celah-celah keyboard laptop saat kamu mengetik.

"Debu, utamanya dari kulit mati manusia, ialah salah satu penyebab utama yang membuat kecepatan komputermu melambat," kata Adam Silkey.

Kenapa sel kulit mati bisa rontok saat kita beraktivitas di siang hari?

"Kulit kita terkelupas secara alami setiap waktu. Perlu waktu lama sampai sel-sel kulit mati itu menumpuk dan menyumbat kipas di dalam komputer," terang Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di Mount Sinai Hospital, New York City.

Adam menyarankan para pengguna komputer laptop agar sering-sering membersihkan keyboard. Kamu bisa menggunakan duster atau compressed air can, yang bisa membersihkan debu-debu serta sampah dari dalam komputer. (hst/hst)

Comments