Langka, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Sama Sekali Dipakai oleh Pemiliknya

Unik

Ragam / Unik

Langka, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Sama Sekali Dipakai oleh Pemiliknya

Langka, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Sama Sekali Dipakai oleh Pemiliknya

KEPONEWS.COM - Langka, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Sama Sekali Dipakai oleh Pemiliknya D Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 yang dihelat dua hari, di Yogyakarta, 22-23 September 2018, sebuah unit Vespa seri VBB tahun 1962 ikut mejeng. Tak ada yang istimewa dari Vespa warna biru tua i...

D Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 yang dihelat dua hari, di Yogyakarta, 22-23 September 2018, sebuah unit Vespa seri VBB tahun 1962 ikut mejeng. Tak ada yang istimewa dari Vespa warna biru tua itu. Hanya anehnya lokasi display Vespa berwarna biru tua itu seolah paling spesial. Vespa itu lokasinya dipisah, dan tak digabung dengan lokasi display 300-an skuter lain yang dipamerkan.

Saat mencoba menengok lebih dekat bagian spedometer Vespa itu, terpampang jarak tempuhnya masih 0 kilometer. Artinya vespa itu belum pernah sama sekali digunakan semenjak baru. Semenjak dibeli tahun 1962, Vespa itu memang tak pernah dihidupkan, apalagi digunakan jalan. Cuma dipajang sama pemiliknya, ujar Andi Wardana, pemilik Vespa VBB 1962 itu, Minggu, 23 September 2018.

Tak pernah sama sekali digunakan, kondisi Vespa itu pun orisinil seluruhnya. Baik mesin sampai aksesoris bagian luarnya. Pengusaha yang bermukim di Cipete, Jakarta Selatan, itu mengaku belum lama mendapatkan Vespa itu dari seorang kolektor Vespa dari daerah Pantura. Awalnya si kolektor menunjukkan 100 Vespa koleksinya yang terawat rapi di garasi miliknya saat Andi menyambanginya sebulan lalu. Sampai kemudian, kolektor itu mempertemukan Andi dengan Vespa VBB 1962 yang lokasinya dipisahkan, dengan cara disimpan di dalam rumahnya.

Setelah melalui proses negosiasi, kolektor itu mau melepas Vespa VBB 1962 langka itu kepada Andi. Salah satu pertimbangannya karena Andi ialah sahabat dari sahabat kecil si kolektor. Harga pun disepakati. Andi menyebut ia merogoh kocek sekitar Rp 200-300 juta untuk membeli Vespa itu. Saat deal harga itu, kolektornya menangis karena sedih, saya juga dilarang mendorong Vespa itu saat ke luar rumah, tapi harus dibopong, hehe, ujar Andi yang saat itu memakai jasa towing atau pengiriman untuk membopong vespa itu.

Sebagai pecinta Vespa Andi tahu dari seri VBB yang diproduksi Piaggio tahun 1962, 1963, 1964 dan seterusnya, hanya seri 1962 yang paling diburu karena dianggap tonggak master piece VBB yang legendaries. Karenanya Andi bersedia membayar mahal Vespa itu. Di Indonesia saya dengar hanya dua seri VBB yang juga tak pernah digunakan dan masih 0 kilometer, tapi saya belum pernah lihat wujudnya, cuma mendengar, ujarnya.

Saat ini Andi belum sempat membawa pulang Vespa itu ke rumahnya di Jakarta. Dari wilayah Pantai Utara tempat Vespa itu dibeli, ia langsung menyiapkannya untuk mengikuti ajang Indonesia Scooter Festival di Yogya. Ketua Panitia ISF 2018 Dwi Yudha mengatakan, sebagai pecinta Vespa, baru kali ini pihaknya menemukan dan melihat langsung Vespa VBB dalam kondisi orisinal dan belum pernah digunakan. Kalau ketemu Vespa begini jangan tanya harganya, yang pasti tak ternilai, hehe, ujarnya.

Penulis TEMPO

Editor Suyanto Soemohardjo

Langka, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Sama Sekali Dipakai oleh Pemiliknya

Comments