Lama Diam, Sesar Cascadia Mungkin Akan Mengguncang Daerah Pacific Northwest

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Lama Diam, Sesar Cascadia Mungkin Akan Mengguncang Daerah Pacific Northwest

Lama Diam, Sesar Cascadia Mungkin Akan Mengguncang Daerah Pacific Northwest

KEPONEWS.COM - Lama Diam, Sesar Cascadia Mungkin Akan Mengguncang Daerah Pacific Northwest Ilustrasi gempa. (pixabay/Angelo_Giordano) Belum lama ini, para ilmuwan mengumumkan untuk tetap waspada karena akan terjadi gempa bumi besar yang akan melanda daerah Pacific Northwest. Pacific Northw...

Ilustrasi gempa. (pixabay/Angelo_Giordano)

Belum lama ini, para ilmuwan mengumumkan untuk tetap waspada karena akan terjadi gempa bumi besar yang akan melanda daerah Pacific Northwest.

Pacific Northwest sendiri dikenal sebagai zona subduksi Cascadia atau batas lempeng konvergen yang berada sepanjang 600 mil dari California Utara hingga Pulau Vancouver, Kanada. Beberapa daerah yang dilalui patahan ini antara lain Seattle, Portland, dan Oregon.

Walaupun masih cukup tenang hingga hari ini, banyak rupanya yang justru mengkhawatirkan sesar Cascadia. Berdasarkan penelitian, para ilmuwan berpendapat jikalau daerah tersebut berpotensi gempa bumi hingga mencapai 9,0 magnitudo.

Pada dasarnya, setiap bagian sesar Cascadia mempunyai perilaku yang berbeda. Bagian utara dan selatan jauh lebih aktif secara seismik daripada bagian tengah.

Seperti yang diketahui sesar Cascadia merupakan pertemuan dua lempeng tektonik yang bertabrakan. Dalam sistem subduksi, fenomena ini dapat menghasilkan gempa terbesar di dunia. Hal yang sama pernah terjadi di Jepang pada tahun 2011 lalu.

Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)

Dibandingkan dengan sesar lainnya, sesar Cascadia jauh lebih tenang. Namun, sangat tidak bisa di anggap bahwa sesar tersebut tidak aktif.

Melakukan penelitian dengan memanfaatkan monitor GPS di sesar Cascadia, para ilmuwan menemukan deformasi tanah yang menunjukan tidak mampunya kedua lempeng tersebut untuk saling bergeser dan melewati satu sama lain.

Para ilmuwan memang tidak secara spesifik bisa memprediksi kapan sesar Cascadia akan mengamuk dan menimbulkan gempa besar.

Pasalnya, hal ini membutuhkan penelitian mendalam untuk memantau zona subduksi di darat dan lepas pantai dengan memakai sistem dan alat seperti GPS yang super canggih.

Namun, para ilmuwan tetap meminta agar penduduk daerah Pacific Northwest tersebut untuk tetap waspada dengan kehadiran sesar Cascadia yang lama diam. Kemungkinan besar, gempa bumi ini akan dimulai di bagian utara atau selatan dari sesar Cascadia.

Comments