Ladies, Waspadai 6 Gejala Infeksi Jamur Vagina Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ladies, Waspadai 6 Gejala Infeksi Jamur Vagina Ini

Ladies, Waspadai 6 Gejala Infeksi Jamur Vagina Ini

KEPONEWS.COM - Ladies, Waspadai 6 Gejala Infeksi Jamur Vagina Ini SEKIRA 75 persen wanita dapat mengalami infeksi jamur vagina setidaknya satu kali dalam hidupnya. Ini artinya Kamu pun dapat berisiko terkena infeksi jamur vagina, atau bahkan tidak sadar bahwa Kamu s...

SEKIRA 75 persen wanita dapat mengalami infeksi jamur vagina setidaknya satu kali dalam hidupnya. Ini artinya Kamu pun dapat berisiko terkena infeksi jamur vagina, atau bahkan tidak sadar bahwa Kamu sedang mengalaminya.

Coba perhatikan, apakah Kamu mengalami salah satu atau gejala infeksi jamur vagina berikut ini?

Banyak sekali gejala infeksi jamur vagina

Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Sensasi tidak nyaman dan gatal vagina ialah gejala infeksi jamur vagina yang paling umum. Namun, hal ini biasanya disertai dengan gejala lainnya yang meliputi:

1. Keputihan yang menggumpal

Keputihan merupakan hal yang normal dialami oleh semua wanita, terlebih menjelang haid. Namun hati-hati, keputihan yang tidak normal bisa menjadi gejala infeksi jamur vagina, lho!

Pari Ghodsi, M.D., seorang dokter kandungan sekaligus pakar kesehatan wanita di Los Angeles, mengungkapkan bahwa keputihan karena infeksi jamur vagina cenderung berbentuk bongkahan (menggumpal) berair menyerupai keju cottage, berwarna kekuningan atau kehijauan, dan mengeluarkan bau tak sedap.

2. Vagina terasa sangat gatal

Sebagian wanita terkadang mengalami vagina gatal karena banyak sekali penyebab, salah satunya karena infeksi jamur vagina. Bedanya, rasa gatal di organ intim Kamu akan terasa sangat mengganggu dan membuat Kamu tidak tahan ingin menggaruknya.

Namun, segatal apa pun vagina Kamu, jangan sekali-kali menggaruknya. Ini hanya akan semakin mengiritasi lapisan vagina yang lunak.

3. Nyeri saat buang air kecil

Jangan sepelekan saat Kamu merasa sakit saat buang air kecil. Selain menjadi tanda infeksi jamur vagina, ini juga bisa jadi sinyal infeksi saluran kencing hingga penyakit kelamin.

4. Bibir vagina berwarna kemerahan dan bengkak

Cobalah ambil kaca kecil dan arahkan pada vagina Kamu. Perhatikan, apakah bibir vagina dan vulva tampak kemerahan atau bengkak? Jikalau ya, bisa jadi Kamu terkena infeksi jamur vagina.

5. Sakit perut bagian bawah

penyebab keputihan dan gatal vagina

Wanita dapat mengalami kram perut di bagian bawah saat terkena infeksi jamur vagina. Gejala ini tentu berbeda dengan kram perut menjelang haid. Bedanya, sakit perut ini terjadi terus-terusan dan tak kunjung hilang meskipun Kamu sudah mencoba istirahat.

6. Sakit saat berhubungan seks

Tidak hanya mengganggu kesehatan, infeksi jamur vagina juga membuat hubungan seksual Kamu jadi tidak nyaman. Pasalnya, vagina akan terasa panas sehingga menyebabkan sakit saat berhubungan seksual.

(ndr)

Comments