Laba-LabaBeludru Ini Pantas Dijuluki Hewan Paling Durhaka di Dunia, Ini Alasannya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Laba-LabaBeludru Ini Pantas Dijuluki Hewan Paling Durhaka di Dunia, Ini Alasannya

Laba-LabaBeludru Ini Pantas Dijuluki Hewan Paling Durhaka di Dunia, Ini Alasannya

KEPONEWS.COM - Laba-LabaBeludru Ini Pantas Dijuluki Hewan Paling Durhaka di Dunia, Ini Alasannya via natgeotv.com.au/ Membesarkan anak merupakan tugas yang tidak mudah. Hal ini pula yang berlaku di dunia satwa, salah satunya ialah laba-laba beludru (Stegodyphus dumicola). Sang induk susah payah b...

via natgeotv.com.au/

Membesarkan anak merupakan tugas yang tidak mudah. Hal ini pula yang berlaku di dunia satwa, salah satunya ialah laba-laba beludru (Stegodyphus dumicola). Sang induk susah payah bertelur, menjaga serta merawat anak-anak mereka. Namun hal aneh terjadi, anak-anak laba-laba ini ternyata tidak ambil pusing akan usaha induknya, bahkan memakan induknya sendiri ketika mereka kehabisan persediaan makanan.

Sebuah studi mengenai laba-laba beludru mengungkapkan, sang induk akan menyerahkan tubuhnya untuk menjadi bahan makanan bagi anak-anak mereka. Melansir dari kompas.com, menurut hipotesis dari tim, perilaku ini merupakan mekanisme evolusi. Memakan induknya merupakan solusi evolusioner yang logis.

Semakin banyak gen yang menyebar ke generasi berikutnya, justru semakin baik. Jadi, mengorbankan tubuh sebagai makanan ialah solusi evolusioner yang masuk akal, terang Bilde.via kompas.com

Pengorbanan si induk laba-laba ini ternyata tak pilih-pilih. Faktanya ditemukan oleh Jonathan Pruitt ahli ekologi dari University of California, Santa Barbara, yang tidak terlibat penelitian tersebut.

Dia memaparkan bahwa S dumicola merupakan laba-laba yang tidak cukup pintar mengenali milik siapakah anak atau telur yang ada pada tempat tinggal mereka. Apakah telur itu miliknya ataukah milik induk lain, bagi mereka merupakan sama saja. Yang terang, sang induk memperlakukan telur atau anak itu sama saja.

Saya menduga bahwa betina tidak bisa membedakan antara telur mereka atau milik betina lain, kata Pruitt.

Alasannya mungkin laba-laba beludru merupakan spesies laba-laba sosial. Mereka hidup dalam koloni besar beserta dengan kerabat dekat. Dikatakan oleh Pruitt bahwa laba-laba jenis ini bahkan tak segan membantu lain jikalau ada yang bertelur.

Jadi mereka tinggal dalam sebuah koloni yang terdiri dari kerabat dekat, bahkan bila betina bertelur, mereka tak segan membantu kerabat lainnya, imbuh Pruitt.

Comments