Kutai Kartanegara Tonjolkan Potensi Wisata Lewat 3 Event Andalan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kutai Kartanegara Tonjolkan Potensi Wisata Lewat 3 Event Andalan

Kutai Kartanegara Tonjolkan Potensi Wisata Lewat 3 Event Andalan

KEPONEWS.COM - Kutai Kartanegara Tonjolkan Potensi Wisata Lewat 3 Event Andalan Kabupaten Kutai Kartanegara terpilih sebagai salah satu daerah yang masuk dalam program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif besutan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Sebagaimana diketahui, semenjak...
Loading...

Kabupaten Kutai Kartanegara terpilih sebagai salah satu daerah yang masuk dalam program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif besutan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf).

Sebagaimana diketahui, semenjak tahun 2016, Bekraf telah melaksanakan program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Tujuannya merupakan untuk memberikan tools bagi kabupaten/kota dalam memetakan ekosistem, potensi, best practice, dan permasalahan pengembangan sistem ekonomi kreatif, termasuk di Kutai Kartanegara.

Program ini kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Fasilitasi Infrastruktur Fisik Deputi Infrastruktur Bekraf dengan meluncurkan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia. Dalam program tersebut, Bekraf akan menetapkan status kreatif untuk kabupaten/kota terpilih, kemudian akan dilakukan fasilitasi dan pendampingan dari Bekraf.

Untuk Kutai Kartanegara sendiri telah mempunyai potensi seni budaya yang masih terjaga dengan baik. Tidak hanya seni budaya tradisional, tetapi juga mulai merambah ke cabang seni yang sifatnya konvensional dan modern.

Hingga saat ini, setidaknya ada 3 event andalan yang rajin digelar oleh Kabupaten Kutai Kartanegara. Berikut ulasan lengkapnya.

Festival Erau

Festival Erau di Kutai Kartanegara merupakan salah satu festival budaya tertua Nusantara. Tradisi tahunan ini sudah berlangsung selama berabad-abad, tepatnya semenjak masa kejayaan Kerajaan Kutai. Bentuk festival ini merupakan pagelaran seni budaya yang diisi oleh para pelaku seni lokal di Kalimantan Timur. Namun seiring berjalannya waktu, Festival Erau kini dihadiri delegasi-delagasi dari banyak sekali negara.

Festival Erau

(Foto : Kutai Kartanegara.com)

Comments