Kurangi Kecanduan Teknologi Mulai Dari Sekarang! Begini Caranya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Kurangi Kecanduan Teknologi Mulai Dari Sekarang! Begini Caranya

Kurangi Kecanduan Teknologi Mulai Dari Sekarang! Begini Caranya

KEPONEWS.COM - Kurangi Kecanduan Teknologi Mulai Dari Sekarang! Begini Caranya Dimana-mana kita pasti ngelihat pemandangan orang engga bisa lepas dari gadjet mereka. Ini jadi salah satu kecanduan teknologi yang harus diatasi. Ada di depan layar gadjet terus-terusan engga bagus l...

Dimana-mana kita pasti ngelihat pemandangan orang engga bisa lepas dari gadjet mereka. Ini jadi salah satu kecanduan teknologi yang harus diatasi.

Ada di depan layar gadjet terus-terusan engga bagus loh gengs. Misalnya lama-lama di depan televisi bisa bikin obesitas, terlalu sering menatap layar computer bisa ngerusak mata, dan yang lainnya. Buat ngatasin kecanduan teknologi, yuk ikutin cara-cara di bawah ini. Cekidot :D

1. Pilih Aktivitas di Luar Ruangan Daripada Main Gadjet.

kencaduan teknologi

Sumber: National Environmental Education Foundation

Pas lagi di rumah, bikin aturan kalau kamu engga bakal online kalau matahari masih bersinar. Kamu bakal pergi ke luar jalan kaki atau naik sepeda buat dapatin aktivitas fisik yang sehat, minimal sejam sebelum kamu sibuk sama gadjet. Aturan ini juga harus dicobain sama seluruh anggota keluarga.

2. Tata Ulang Furniture Ruang Keluarga

Sumber : readersdigest.ca

Disain ruang keluarga kamu, jadi televise engga lagi jadi primadona di ruang itu. Bikin ruang keluarga kamu senyaman mungkin buat kumpul bareng keluarga.

3. Batasin Penggunaan Media Sosial

Sumber : readersdigest.ca

Jaringan sosmed sekarang udah berubah jadi lebih mudah diakses segala kalangan. Mulai dari Facebook, twitter, Instagram, snapchat dan yang lainnya.

Meski gitu, kamu mesti ngebatasin waktu buat berselancar di sosmed. Hindarin browsing engga terang dan kasih waktu online kamu yang punya tujuan khusus.

Misalnya cari-cari info perihal liburan, cari info gosip hari ini atau nyari tahu jawaban dari pertanyaan aneh yang selama ini ngeganggu kamu. Kalau udah, langsung offline.

4. Atur Waktu Buat Baca Buku

Sumber : readersdigest.ca

Tantang diri kamu sendiri buat baca seenggaknya 30 halaman dari buku bagus yang kamu cari tahu lewat internet. Pilih materi bacaan yang tepat dan secepatnya kamu bakal nemuin hobi baru.

5. Buat Project

Sumber : readersdigest.ca

Rasanya tenang kalau jauh dari layar gadjet. Biar makin seru, coba bikin daftar satu jam project malam. Tulis semua daftar yang bisa ada di pikiran kamu. Misalnya ngatur lemari baju, ngubah cat kamar tidur Anda, atau yang lainnya. Coba deh gengs lakuin satu hal setiap malam.

Selain cara-cara di atas, buat bisa ngatasin kecanduan teknologi yaitu kamu harus niat dan bertekad penuh. Sama aja bohong kalau kamu tau caranya tapi engga niat kan, gengs. :D

Comments