Kunyit Ternyata Ampuh Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kunyit Ternyata Ampuh Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Kunyit Ternyata Ampuh Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

KEPONEWS.COM - Kunyit Ternyata Ampuh Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer KUNYIT ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Pasalnya di dalam kunyit terdapat kurkumin yang mempunyai efek anti-inflamasi dan merupakan antioksidan sangat kuat. Kunyit send...

KUNYIT ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Pasalnya di dalam kunyit terdapat kurkumin yang mempunyai efek anti-inflamasi dan merupakan antioksidan sangat kuat.

Kunyit sendiri sudah lama digunakan sebagai bahan alami pengobatan. Bahkan telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kunyit mempunyai manfaat besar untuk tubuh dan otak. Di antaranya mengatasi masalah kesehatan terkait diare, perut kembung, masuk angin, hingga depresi.

Unik! Kunyit Ini Berwarna Biru Kehitaman, Punya Banyak Khasiat Lho

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kunyit dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait obesitas serta menyokong penurunan berat badan.

Sebuah penelitian pada 2009 di Irlandia menemukan bahwa kurkumin dalam kunyit membunuh sel kanker dalam waktu 24 jam, membuat sel tersebut mulai mencerna diri sendiri.

Kunyit. (Foto: Ajale/Pixabay)

Seperti dilaporkan laman Times Now News, Kamis (25/2/2021), sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kunyit dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer dengan meningkatkan daya ingat dan suasana hati pada orang dengan kehilangan ingatan ringan terkait usia.

Tak Disangka, Teh Kunyit Beri 5 Khasiat Menakjubkan Ini untuk Kesehatan

Pada penelitian terbaru itu para ilmuwan meneliti efek suplemen kurkumin yang mudah diserap pada kinerja memori pada orang tanpa demensia, serta potensi dampaknya pada plak mikroskopis dan kekusutan di otak orang dengan penyakit alzheimer. Penelitian ini melibatkan 40 orang dewasa berusia antara 50 hingga 90 tahun yang mempunyai keluhan memori ringan.

"Bagaimana tepatnya kurkumin memberikan efeknya tidak pasti, tapi mungkin karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan otak yang telah dikaitkan dengan penyakit alzheimer dan depresi berat," kata salah satu peneliti Gary Small dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat.

Comments