Kunjungan Wisatawan ke Danau Toba Tak Terpengaruh Wabah Korona COVID-19

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kunjungan Wisatawan ke Danau Toba Tak Terpengaruh Wabah Korona COVID-19

Kunjungan Wisatawan ke Danau Toba Tak Terpengaruh Wabah Korona COVID-19

KEPONEWS.COM - Kunjungan Wisatawan ke Danau Toba Tak Terpengaruh Wabah Korona COVID-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan program 5 Destinasi Super Prioritas demi menggaet wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Tanah Air. Salah satu destinasinya ialah , Sumatera...
Loading...

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan program 5 Destinasi Super Prioritas demi menggaet wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Tanah Air. Salah satu destinasinya ialah , Sumatera Utara.

Sebagai destinasi super prioritas, terus berbenah diri memaksimalkan potensi wisata yang mereka miliki. Banyak sekali infrastruktur penunjang pun turut dibangun demi memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Mulai dari pembangunan bandara berskala internasional, jalur tol, perbaikan Jalur Lingkar Danau Toba serta Jalur Lingkar Samosir, hingga pembangunan atraksi atau objek-objek wisata baru guna memanjakan pelancong.

Hasil dari pembangunan ini sendiri ternyata telah dirasakan oleh warga setempat dan Pemerintah Kabupaten Samosir. Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, semenjak dibangunnya infrastruktur penunjang di sekitar daerah Danau Toba, jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut mengalami peningkatan.

Foto: Dimas Andhika Fikri-Okezone

"Tahun lalu kami memperoleh peningkatan kujungan wisatawan 10%, yaitu dari 378 ribu wisatawan di tahun 2018 menjadi 420 ribu wisatawan di tahun 2019. Dari angka tersebut 45% di antaranya ialah wisman, dan wisnus (wisatawan nusantara) 65 %. Pendapatan asli daerah juga linear terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ini," ujarnya saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, kemarin.

Rapidin menambahkan, meski saat ini dunia dihantam isu virus korona COVID-19, pihaknya optimistis sasaran kunjungan wisman dan wisnus ke dapat tercapai. Tahun ini, Pemkab Samosir diketahui menargetkan 500 ribu kunjungan wisatawan ke daerah mereka.

Selanjutnya

Comments