Kuartal II Tak Banyak Tumbuh, BI: Ekonomi RI 2019 Akan di Bawah Titik Tengah 5%-5,4%

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Kuartal II Tak Banyak Tumbuh, BI: Ekonomi RI 2019 Akan di Bawah Titik Tengah 5%-5,4%

Kuartal II Tak Banyak Tumbuh, BI: Ekonomi RI 2019 Akan di Bawah Titik Tengah 5%-5,4%

KEPONEWS.COM - Kuartal II Tak Banyak Tumbuh, BI: Ekonomi RI 2019 Akan di Bawah Titik Tengah 5%-5,4% JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah 5%-5,4%. Hal ini terlihat dari Kuartal II-2019 yang diperkirakan relatif sama dengan pertumb...

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah 5%-5,4%. Hal ini terlihat dari Kuartal II-2019 yang diperkirakan relatif sama dengan pertumbuhan ekonomi pada kuartal sebelumnya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, saat ini konsumsi swasta tetap baik didukung keyakinan konsumen yang tetap terjaga. Investasi bangunan juga tetap tumbuh stabil.

Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Semester I-2019 Capai 5,1%

"Sementara itu, ekspor Indonesia diperkirakan tumbuh negatif dipengaruhi terbatasnya permintaan dunia dan turunnya harga komoditas karena berlanjutnya ketegangan hubungan dagang, meskipun ekspor baja naik pada Juni 2019," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Perry Warjiyo

Selain itu, lanjut Perry, dampak ketegangan hubungan dagang terhadap perlambatan ekspor juga terasa di sejumlahnegara. Selanjutnya, ekspor yang kontraksi mendorong penurunan impor dan investasi nonbangunan yang tumbuh terbatas.

Gubernur BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Melandai

Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik, termasuk investasi, perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak negatif perlambatan ekonomi dunia.," ujarnya.

Dirinya mengatakan, BI akan menempuh bauran kebijakan dengan Pemerintah, dan otoritas terkait untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

(rzy)

Comments