Kritik China, Menlu Jepang: Natuna Jelas Milik Indonesia

Internasional

News / Internasional

Kritik China, Menlu Jepang: Natuna Jelas Milik Indonesia

Kritik China, Menlu Jepang: Natuna Jelas Milik Indonesia

KEPONEWS.COM - Kritik China, Menlu Jepang: Natuna Jelas Milik Indonesia Laporan Koresponden Tribunnews , Richard Susilo dari Jepang TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang lewat Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi mengkritik upaya China untuk menguasai Pulau Natuna. "...

Laporan Koresponden Tribunnews , Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang lewat Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi mengkritik upaya China untuk menguasai Pulau Natuna.

"Kami menentang keras upaya yang tidak sah dari negara lain yang mau menguasai tempat yang bukan miliknya seperti Natuna jelas milik Indonesia," tegas Menteri Motegi kepada dalam jumpa pers, Jumat (17/1/2020) sore.

Menteri Motegi juga menekankan bukan hanya Natuna tetapi juga pulau-pulau lain yang ada di laut China Selatan yang dikuasai China ditentang keras.

"Pulau-pulau di Laut China Selatan juga kami perihal dengan keras dikuasai oleh pihak lain karena itu jelas-jelas melanggar ketentuan internasional," kata dia.

Banyak hal terkait dengan penguasaan yang tidak legal dari negara lain terhadap Laut China Selatan diharapkan dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai ketentuan internasional yang ada karena juga menyangkut banyak sekali hal seperti bidang ekonomi.

"Pembicaraan internasional juga tetap diharapkan dapat tetap dilakukan dengan baik untuk memecahkan masalah-masalah demikian," ujarnya.

Kata menteri Inggris

Konflik antara pemerintah China dengan Indonesia terkait Laut Natuna mempunyai cerita panjang.

Konflik perebutan Natuna diketahui muncul semenjak 2016 silam.

Selain masuknya kapal China ke Laut Natuna tanpa izin, perubahan nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara disebut menjadi latar belakang konflik tersebut.

Kritik China, Menlu Jepang: Natuna Jelas Milik Indonesia

Comments