Krisis Korea: AS kirim armada tempur ke Semenanjung Korea

Internasional

News / Internasional

Krisis Korea: AS kirim armada tempur ke Semenanjung Korea

Krisis Korea: AS kirim armada tempur ke Semenanjung Korea

KEPONEWS.COM - Krisis Korea: AS kirim armada tempur ke Semenanjung Korea Militer AS telah memerintahkan sebuah armada tempur angkatan laut untuk bergerak menuju semenanjung Korea, Satuan tempur Carl Vinson yang terdiri dari sebuah kapal induk dan sejumlah k...
Loading...

Militer AS telah memerintahkan sebuah armada tempur angkatan laut untuk bergerak menuju semenanjung Korea,

Satuan tempur Carl Vinson yang terdiri dari sebuah kapal induk dan sejumlah kapal perang lainnya telah bergerak menuju Pasifik Barat terkait banyak sekali ujicoba rudal Korea Utara.

Komando Pasifik AS menyebut pengerahan itu merupakan langkah yang diharapkan untuk menjaga kesiagaan di wilayah tersebut.

Presiden Donald Trump sudah mengatakan AS siap bertindak sendiri untuk menghadapi ancaman nuklir Korea Utara.

"Korea Utara terus menjadi ancaman nomor satu di wilayah itu, terkait program uji coba rudal mereka yang gegabah, tidak bertanggung jawab dan mengakibatkan ketidastabilan daerah, serta upaya negeri itu untuk mengejar kemampuan senjata nuklir," kata juru bicara Komando Pasifik AS Dave Benham.

Apa saja yang dikerahkan?

Armada tempur itu terdiri dari kapal induk kelas Nimitz, USS Carl Vinson, dua kapal perusak dan sebuah kapal perang.

Selain daya serangnya yang mencolok, armada ini memiliki kemampuan untuk mencegat rudal balistik.

Awalnya armada ini dijadwalkan untuk berlabuh di Australia, namun kemudian dialihkan dari Singapura ke Pasifik barat- yang sebelumnya menjadi lokasi latihan gabungan dengan AL Korsel.

Carl Vinson (tengah) dipandu oleh berbagai kapal perang lainnya.AFPCarl Vinson (tengah) dipandu oleh banyak sekali kapal perang lainnya.

Apa konteks penge r ahan ini?

Korea Utara telah melakukan sejumlah tes nuklir, dan para pengamat memprediksi mereka siap meluncurkan banyak sekali uji coba berikutnya dalam upaya untuk mengembangkan hulu ledak nuklir yang bisa mencapai AS.

Loading...
Loading...

Comments