KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Buatan RI Bikin Menepuk Dada

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Buatan RI Bikin Menepuk Dada

KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Buatan RI Bikin Menepuk Dada

KEPONEWS.COM - KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Buatan RI Bikin Menepuk Dada Mengulik wacana alat utama sistem senjata atau alutsista milik TNI Angkatan Laut tidak akan habis dalam satu hari saja. Karena TNI AL mempunyai banyak sekali macam jenis kapal yang mempunyai fungsi be...

Mengulik wacana alat utama sistem senjata atau alutsista milik TNI Angkatan Laut tidak akan habis dalam satu hari saja. Karena TNI AL mempunyai banyak sekali macam jenis kapal yang mempunyai fungsi beragam.

Nah edisi alutsista milik TNI AL yang akan dibahas VIVA Militer Minggu 24 Mei 2020 kali ini ialah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin 592. Dilansir dari akun Instagram resmi milik Kolinlamil, ternyata KRI Banjarmasin 592 ialah kapal perang buatan lokal atau buatan anak bangsa.

Kapal yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia ini memakan waktu pengerjaan selama 36 bulan dan pembuatannya sendiri berada di Surabaya. Kapal ini berjenis Landing Platform Dock atau LPD.

VIVA Militer: KRI Banjarmasin 592

Meski buatan dalam negeri, kapal ini juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih lho. KRI Banjarmasin 592 mempunyai teknologi desain semi siluman, jadi selain untuk bertempur, kapal ini juga bisa digunakan untuk misi kemanusiaan.

Kapal dengan slogan Amun Mundur Kada atau pantang menyerah ini ternyata sudah bertugas semenjak Maret 2011. Meski sudah berusia 9 tahun, kapal ini masih gagah untuk menjaga laut Indonesia daerah pulau Kalimantan.

KRI Banjarmasin 592 mempunyai kemampuan berlayar selama 30 hari tanpa berhenti. Selain itu kapal ini dirancang untuk membawa pasukan ke zona perang melalui laut. Tidak hanya itu, kapal perang ini juga dirancang untuk membawa kekuatan udara terbatas atau helikopter.

VIVA Militer: KRI Banjarmasin 592

Untuk daya angkut yang dimiliki KRI Banjarmasin 592 ini juga terbilang banyak, karena bisa mengangkut 344 personel, 5 unit helikopter berjenis Mi-2 atau Bel-412, dan 20 kendaraan tempur berat berupa tank.

Kapal ini dilengkapi persenjataan berupa 3 unit meriam howitzer, 2 unit LCVP (Landing Craft Vechile Personal), serta juga dilengkapi dengan rumah sakit darurat.

Comments