Kreatif! Desa yang Hampir Punah Malah Disulap Jadi Hotel

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kreatif! Desa yang Hampir Punah Malah Disulap Jadi Hotel

Kreatif! Desa yang Hampir Punah Malah Disulap Jadi Hotel

KEPONEWS.COM - Kreatif! Desa yang Hampir Punah Malah Disulap Jadi Hotel Corippo - Sebuah desa kecil di Pegunungan Corippo, Swiss hampir 'punah' karena ditinggalkan penduduknya. Berusaha untuk tetap eksis, desa ini akan disulap jadi hotel.Diintip detikTravel dari situs res...

Corippo - Sebuah desa kecil di Pegunungan Corippo, Swiss hampir 'punah' karena ditinggalkan penduduknya. Berusaha untuk tetap eksis, desa ini akan disulap jadi hotel.

Diintip detikTravel dari situs resminya, fondazionecorippo.ch, Jumat (3/11/2017) sebuah dusun di Pegunungan Carippo, Swiss ditinggalkan oleh penghuninya. Tak tanggung-tanggung, dari 300 penduduk kini Carippo menyusut tinggal 10 penduduk.

Perkampungan ini terbilang cukup unik, karena seluruh rumahnya masih tradisional terbuat dari batu atau disebut rustico. Pemandangan yang ditawarkan ialah lembah dari Pegunungan Carippo yang sangat indah.

Terang saja, kampung kecil in berada di ketinggian 599 ribu mdpl. Tak ada sekolah atau anak-anak, semua yang tinggal di sini hanyalah orang tua yang sudah pensiun.

Rustico atau pondok tradisionalRustico atau pondok tradisional (dok fondazionecorippo.ch)Rustico atau pondok tradisional (dok fondazionecorippo.ch) Foto: (dok fondazionecorippo.ch)Rustico atau pondok tradisional

Desa Carippo bukanlah satu-satunya perkampungan yang sudah ditinggalkan. Ada banyak kampung-kampung kecil di selatan Pegunungan Alpen yang juga punya kondisi yang sama.

Bahkan, sang walikota Claudio Scettrini telah mengundurkan diri karena kehilang motivasi untuk mengurus perkampungan di pegunungan Carippo.

Untuk menyelamatkan desa ini dari kepunahan total, sebuah yayasan yang disebut Corippo 75 telah meluncurkan proyek pembangunan wisatawan. Rencananya kampung ini akan diubah menjadi hotel yang diberi nama Albergo Corippo.

Nantinya, Restoran di alun-alun utama akan diubah menjadi resepsi hotel dan rustico akan berubah menjadi kamar hotel.

Landasan proyek dimulai beberapa tahun yang lalu dan dimulai oleh pemerintah kota Corippo, Kanton Ticino dan otoritas nasional.

Desa ini hanya memiliki 10 pendudukDesa ini hanya memiliki 10 penduduk (dok fondazionecorippo.ch)Desa ini hanya memiliki 10 penduduk (dok fondazionecorippo.ch)

"Setiap rustico akan diberi nama keluarga lama yang pernah tinggal di sana, dan karakter, cara hidup tradisional akan tetap utuh," ujar Presiden dan arsitek yayasan, Fabio Giacomazzi.

Giacomazzi bahkan ingin memperbaiki pabrik lama dan berencana untuk menanam ladang gandum hitam. Sehingga desa ini memiliki identitas dengan membuat roti sendiri, layaknya nenek moyang mereka.

Fasilitas lainnya yang akan sudah direncanakan ialah layanan antar-jemput untuk membawa tamu ke halte bus terdekat, kunjungan ke alam, kunjungan museum dan kelas memasak.

Untuk menginap di rustico, para turis akan dikenakan harga antara 75 atau Rp 1,3 juta dan 91 atau Rp 1,6 juta per malam, termasuk sarapan pagi. Rencananya hotel ini akan dibuka pada musim semi 2018.

Yayasan yakin bahwa hotel ini akan menarik banyak turis karena budayanya yang begitu kental. Ayo, siapa yang mau liburan ke sini?

(bnl/aff)

Comments