KP PSSI Minta ASN yang Lolos Verifikasi Membuat Surat Pernyataan, Kenapa?

Sepakbola

Sports / Sepakbola

KP PSSI Minta ASN yang Lolos Verifikasi Membuat Surat Pernyataan, Kenapa?

KP PSSI Minta ASN yang Lolos Verifikasi Membuat Surat Pernyataan, Kenapa?

KEPONEWS.COM - KP PSSI Minta ASN yang Lolos Verifikasi Membuat Surat Pernyataan, Kenapa? Komite Pemilihan (KP) PSSI menyertakan persyaratan baru bagi calon ketua, wakil ketua, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang telah dinyatakan lolos verifikasi. Persyaratan tersebut ditujukan k...
Loading...

Komite Pemilihan (KP) PSSI menyertakan persyaratan baru bagi calon ketua, wakil ketua, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang telah dinyatakan lolos verifikasi. Persyaratan tersebut ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Anggota Legislatif yang mendaftar dan lolos sebagai calon sementara.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman menyebut ASN atau Anggota Legislatif yang lolos mengharuskan mengisi surat pernyataan, agar yang bersangkutan tidak menunjukkan sikap politik saat bertugas di PSSI.

"Bagi calon yang ASN atau anggota legislatif kami memohon yang bersangkutan membuat surat pernyataan. Nanti yang bersangkutan akan kami panggil untuk tambahan ini," kata Syarif Bastaman saat jumpa pers di Kantor PSSI, Gedung Fx Sudirman, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

"Isinya menyatakan 'saya tidak akan menyatakan atau menunjukkan sikap politik saat bertugas di PSSI'," tambahnya.

Syarat baru yang dibuat oleh Komite Pemilihan PSSI tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Syarif, syarat baru tersebut merujuk statuta FIFA.

"Merujuk ke pasal netralitas PSSI sesuai dengan statuta FIFA pasal 7. Kalau di PSSI itu harus netral dan tidak memihak dalam politik, suku, agama, ras, dan golongan tertentu, serta memastikan anggotanya netral dan tidak memihak," tambah Syarif Bastaman.

"PSSI juga harus menjaga independensi dan netralitas dan menghindari gangguan atau campur tangan politik. Selanjutnya, PSSI tidak dapat diintervensi oleh pihak luar manapun soal kegiatannya," ungkapnya.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman (kedua kiri) dan anggotanya saat memberikan keterangan pers terkait bakal calon ketua, wakil ketua, dan anggota Exco PSSI periode 2019-2023.Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman (kedua kiri) dan anggotanya saat memberikan keterangan pers terkait bakal calon ketua, wakil ketua, dan anggota Exco PSSI periode 2019-2023.

Sebagaimana diketahui, Komite Pemilihan PSSI telah mengumumkan nama-nama bakal calon sementara yang lolos verifikasi.

Untuk bakal calon ketua umum, dari 11 yang terdaftar hanya delapan yang dinyatakan lolos. Sementara yang tidak lolos diperbolehkan untuk banding.

Untuk bakal calon wakil ketua umum ada 21 yang mendaftar tapi hanya 13 yang lolos verifikasi. Enam dari 21 bakal calon tidak dinyatakan lolos dan tidak boleh melakukan banding. Sedangkan dua bakal calon lainnya yang tidak lolos, diperbolehkan banding.

Sementara untuk anggota Exco, dari 91 nama yang masuk hanya 70 pendaftar yang dinyatakan lolos. Yang tidak lolos verifikasi, satu orang dipersilahkan mengajukan banding. Sedangkan 20 lainnya tidak diperbolehkan banding.

Waktu banding itu sendiri akan dilakukan pada 16-18 Oktober 2019. Pada 19 Oktober 2019 sudah didapat Bakal Calon tetap yang akan bersaing memperebutkan posisi ketum, waketum dan exco PSSI.

Comments