Korea Utara Tegaskan Tak Ingin Berunding Lagi dengan AS

Internasional

News / Internasional

Korea Utara Tegaskan Tak Ingin Berunding Lagi dengan AS

Korea Utara Tegaskan Tak Ingin Berunding Lagi dengan AS

KEPONEWS.COM - Korea Utara Tegaskan Tak Ingin Berunding Lagi dengan AS Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari PYONGYANG - Korea Utara (Korut) sebelumnya telah menolak kemungkinan untuk memulai kembali perundingan dengan Amerika Serikat (AS) dan menuduh negara itu m...

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

PYONGYANG - Korea Utara (Korut) sebelumnya telah menolak kemungkinan untuk memulai kembali perundingan dengan Amerika Serikat (AS) dan menuduh negara itu memilih kebijakan 'bermusuhan'.

Bahkan Korut menuding AS mengabaikan perjanjian yang telah dibuat pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) sebelumnya.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (7/7/2020), Kantor Isu Pusat Korea (KCNA) melaporkan, pemerintah Korut memberikan pada hari Senin kemarin bahwa negara yang dipimpin Kim Jong Un itu tidak berniat untuk mengadakan negosiasi dengan AS.

Kim Jong Un Klaim Korea Utara Sukses Atasi Pandemik Covid-19

Sebulan Kim Jong Un Menghilang, Begitu Muncul Sang Diktator Langsung Memarahi Pejabat Korea Utara

Menurut pernyataan yang dibuat oleh Wakil Menteri pertama Luar Negeri Korut, Choe Son Hui, negara tersebut terkejut dengan saran bahwa perundingan dapat diadakan dalam kondisi saat ini.

Pemerintah AS, kata dia, menganggap bahwa dialog dengan Korut bisa dijadikan sebagai alat untuk bergulat dengan krisis politik internalnya sebelum masa pemilihan Presiden AS.

Harapan untuk dilangsungkannya KTT sebelum pemilihan AS ini sebenarnya telah diungkapkan oleh Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

Sementara itu, Perwakilan Khusus AS untuk Korut Stephen Biegun juga dijadwalkan akan mengunjungi Korsel pada 7 hingga 9 Juli ini.

Sebelumnya, hubungan antara AS dan Korut telah memburuk semenjak terjadinya kegagalan kesepakatan dalam KTT yang diadakan di Hanoi, Vietnam pada Februari 2019.

Pertemuan itu dilakukan untuk membahas terkait kemajuan dalam denuklirisasi Semenanjung Korea dan pencabutan hukuman terhadap Korut.

Namun akhirnya KTT hanya berlangsung singkat dan berakhir tanpa kesepakatan, hal itu karena terjadi perbedaan pendapat terkait jangka waktu dalam pemberian hukuman.

Pembicaraan terkait denuklirisasi ini pun akhirnya terhenti semenjak saat itu.

Korea Utara Tegaskan Tak Ingin Berunding Lagi dengan AS

Comments