Kopi yang Satu Ini Harganya Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Kopi Luwak, lho!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Kopi yang Satu Ini Harganya Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Kopi Luwak, lho!

Kopi yang Satu Ini Harganya Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Kopi Luwak, lho!

KEPONEWS.COM - Kopi yang Satu Ini Harganya Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Kopi Luwak, lho! Tahukah bahwa di utara Thailand, setidaknya dua puluh ekor gajah memproduksi kopi termahal di dunia? Kurang lebih seperti kopi luwak, gajah-gajah piaraan ini diberi makan biji kopi dan kemudian sehari...

kopi gajah

Tahukah bahwa di utara Thailand, setidaknya dua puluh ekor gajah memproduksi kopi termahal di dunia? Kurang lebih seperti kopi luwak, gajah-gajah piaraan ini diberi makan biji kopi dan kemudian sehari setelahnya kotoran mereka akan dikumpulkan.

Lantas berapa sih harganya? Buat yang penasaran, harganya $1,100 per kilo saja. Jikalau diRupiahkan hampir satu juta setengah untuk satu kilonya dan karena itulah kopi gajah ini jadi yang termahal di dunia. Sudah terang penikmatnya ialah para pelancong dan juga penggemar kopi yang berkantong tebal.

Kopi yang diberi nama Black Ivory Coffee atau terjemahannya Kopi Gading Hitam ini pertama kali diluncurkan di beberapa hotel mewah di Thailand, lalu ke Maldives dan juga Abu Dhabi. Harga per cangkirnya saja $50 lho! Mahal bingit!

black

Lalu apa istimewanya kopi hasil gajah? Jadi ketika seekor gajah memakan biji kopi, maka asam dalam perutnya itu akan memecahkan protein yang telah terkandung dalam kopi, yakni yang menjadi sumber rasa pahit dalam kopi biasa. Maka karena itu kopi gajah ini hasil akhirnya sangat lembut dan bahkan tidak pahit sama sekali. Karena itulah sebabnya mengapa kopi gajah memiliki harga lebih mahal dibanding kopi Luwak yang legendaris itu.

black ivory coffee

Untuk sekilo biji kopi, si gajah harus makan 33 kilogram biji kopi diselingi dengan makan tebu dan rumput. Memang boros, tetapi hasilnya sangat memuaskan. Biji kopi yang dimakan ialah kopi Arabika dan dikumpulkan oleh para wanita setempat lalu dicuci dan diproses di Bangkok.

Comments