Konsumsi Suplemen Zinc Bisa Cegah COVID-19?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Konsumsi Suplemen Zinc Bisa Cegah COVID-19?

Konsumsi Suplemen Zinc Bisa Cegah COVID-19?

KEPONEWS.COM - Konsumsi Suplemen Zinc Bisa Cegah COVID-19? Dalam upaya melindungi diri agar tidak terpapar virus corona SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab COVID-19, banyak orang yang berbondong-bondong memborong vitamin C, vitamin D, dan banyak sekali suplemen...

Dalam upaya melindungi diri agar tidak terpapar virus corona SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab COVID-19, banyak orang yang berbondong-bondong memborong vitamin C, vitamin D, dan banyak sekali suplemen tambahan lainnya.

Kini ada kabar terbaru yang beredar, yang mungkin pernah Kamu bahwa kabarnya dengan mengonsumsi suplemen zinc dapat membantu untuk melindungi diri kita dari serangan virus corona. Benarkah demikian?

Suplemen zinc sendiri selama ini memang tenar, banyak dapat kebanggaan selama bertahun-tahun karena dianggap efektif dalam memperpendek fase pilek yang mana memang ada data yang menyokong soal ini.

Diketahui, ada banyak uji coba terkontrol secara tak terencana yang menunjukkan bahwa suplemen zinc dapat menghambat replikasi virus flu biasa. Maka dari itu, dinilai efektif untuk mengurangi durasi rata-rata pilek biasa.

Suplemen

Namun, untuk virus corona penyebab COVID-19 sendiri, sebagaimana dilansir Foxnews, Kamis (2/4/2020) Dr. Manny Alvarez memaparkan, yang jelas zinc tidak terbukti bisa membunuh virus flu biasa.

Oleh karena itu dokter Manny menyarankan terkait soal pandemi virus corona seperti saat ini kita harus berhati-hati dalam berpikir atau mengambil kesimpulan bahwa suplemen zinc, berpotensi menjadi obat atau penangkal yang selama ini sedang dicari.

Disebut lebih lanjut, mengonsumsi suplemen zinc sendiri nyatanya bukan tanpa efek samping loh! Jikalau terlalu banyak mengonsumsi zinc, ada beberapa efek samping yang berpotensi muncul, mulai dari yang sederhana seperti mual, hingga yang sudah parah contohnya bisa merusak indra penciuman.

Oleh karena itu, bila mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen zinc sebagai konsumsi rajin harian, disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Saat ini, langkah paling penting yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari virus corona merupakan dengan menjaga jarak secara fisik, menjalani karantina mandiri di rumah, tidak berkeliaran atau berpergian ke tempat-tempat ramai yang tidak perli, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, serta tidak menyentuh wajah, mulut, dan hidung.

(hel)

Comments