Kongres PAN Akan Digelar dalam Waktu Dekat, Pengamat: Amien Rais Jadi Figur Sentral yang Kini Diuji

Nasional

News / Nasional

Kongres PAN Akan Digelar dalam Waktu Dekat, Pengamat: Amien Rais Jadi Figur Sentral yang Kini Diuji

Kongres PAN Akan Digelar dalam Waktu Dekat, Pengamat: Amien Rais Jadi Figur Sentral yang Kini Diuji

KEPONEWS.COM - Kongres PAN Akan Digelar dalam Waktu Dekat, Pengamat: Amien Rais Jadi Figur Sentral yang Kini Diuji Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) akan digelar dalam waktu dekat. Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, Kongres PAN akan diselenggarakan pada 12 Februari 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara. "N...

Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) akan digelar dalam waktu dekat.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, Kongres PAN akan diselenggarakan pada 12 Februari 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Nanti kira-kira tanggal 12 Februari, lagi dikonfirmasi tempat, hotel, dan segala macam. Tapi kira-kita tanggal 12, di Sulawesi Tenggara," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020), seperti yang diberitakan Kompas.com.

Pemilihan Ketua Umum PAN akan menjadi satu rencana kongres.

Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya.

Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN mempunyai beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta rencana reformasi.

Analis Politik Sekaligus Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya. Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi. Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya. Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN mempunyai beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta rencana reformasi. (Pangi Syarwi Chaniago)

Para elite partai, terutama pendiri PAN, Amien Rais, menjadi figur sentral yang kini diuji.

"Amien Rais menjadi figur sentral yang kini diuji untuk memastikan diri dan partainya untuk tidak terjebak ke dalam tradisi feodalisme dan menguatnya sistem oligarki kepartaian, yang kini hampir melanda semua partai politik di Indonesia," kata Pangi dalam keterangan tertulis, Jumat (17/1/2020).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menyebutkan, oligarki dan feodalisme ialah benalu demokrasi yang seharusnya dibuang jauh dari tubuh partai politik.

Dengan demikian, penguatan demokrasi di internal partai politik merupakan sebuah keniscayaan.

Comments