Komisi XI DPR Minta Pemerintah Bijak Putuskan Kebijakan Cukai Rokok

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Komisi XI DPR Minta Pemerintah Bijak Putuskan Kebijakan Cukai Rokok

Komisi XI DPR Minta Pemerintah Bijak Putuskan Kebijakan Cukai Rokok

KEPONEWS.COM - Komisi XI DPR Minta Pemerintah Bijak Putuskan Kebijakan Cukai Rokok Komisi XI DPR RI meminta Pemerintah bersikap bijak dan berhati-hati ketika memutuskan kebijakan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok. Ini karena industri hasil tembakau (IHT), khususnya sigaret...

Komisi XI DPR RI meminta Pemerintah bersikap bijak dan berhati-hati ketika memutuskan kebijakan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok. Ini karena industri hasil tembakau (IHT), khususnya sigaret kretek tangan (SKT) merupakan sektor padat karya.

Anggota Komisi XI Willy Aditya menyatakan, IHT mengalami tekanan berat setiap kali CHT akan dinaikkan. Selain menurunkan produktivitas, kenaikan CHT juga menyuburkan pasar rokok ilegal. Terlebih dalam situasi pemulihan ekonomi.

Menurut Politis Partai Nasdem ini, sudah banyak suara penolakan terhadap kenaikan tarif CHT 2022, terutama dari sisi petani dan pekerja SKT. Terbaru merupakan para petani tembakau Madura yang langsung bersurat ke Presiden Joko Widodo.

Petani dan buruh pelinting sigaret kretek tangan (SKT) merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang kelangsungan hidup, pekerjaan, dan penghasilannya harus tetap diperhatikan," paparnya, Rabu, 27 Oktober 2021.

Rokok

Kapal Polairud Diterjunkan untuk Vaksinasi Warga Terisolir di Jambi

Menurutnya, Pemerintah tidak boleh abai terhadap aspirasi mereka. Protes dari banyak sekali pihak ini menunjukkan bahwa pemerintah harus betul-betul adil dalam menentukan kebijakan cukai terutama di sektor padat karya.

Comments