Komisi VIII DPR: Penundaan Umrah Berdampak Besar pada Kejiwaan

Nasional

News / Nasional

Komisi VIII DPR: Penundaan Umrah Berdampak Besar pada Kejiwaan

Komisi VIII DPR: Penundaan Umrah Berdampak Besar pada Kejiwaan

KEPONEWS.COM - Komisi VIII DPR: Penundaan Umrah Berdampak Besar pada Kejiwaan Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani JAKARTA - Selain berdampak pada kerugian finansial, kebijakan pemerintah Arab Saudi yang melakukan penundaan sementara umrah semenjak Kamis (27/2/...
Loading...

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

JAKARTA - Selain berdampak pada kerugian finansial, kebijakan pemerintah Arab Saudi yang melakukan penundaan sementara umrah semenjak Kamis (27/2/2020) kemarin dinilai memberi dampak pula pada kejiawaan.

" Kalau saya hitung, kerugian terdampak dalam satu hari, 3 ribu jamaah bisa sekitar Rp 30 miliar. Ini bisa stress berat apalagi sudah hajatan, keluarga lepas sambil nangis. Ini kan berdampak besar pada kejiwaan," tutur Anggota Komisi VIII Fraksi PKS, Ikhsan Qolbu Lubis saat menjadi narasumber diskusi bertajuk "Mengukur Efek corona: Siapkah kita? " di Jl Wahid Hasyim, Jakpus , Sabtu (29/2/2020).

Kisah Jemaah Umrah Batal Berangkat karena Virus Corona, Ada yang Harus Kembali Lagi ke Indonesia

Ikhsan Qolbu merasa dampak kejiwaan harus dipikirkan.

Dia meminta para tokoh agama memberi penjelasan selama berniat umrah, batal berangkat pun sudah mendapat pahala.

"Ada jamaah di kampung saya, lebih pilih tinggal di Malaysia gak mau pulang ke Indonesia karena malu batal umrah. Ini perlu dijelaskan selama niat umrah, tidak jadi berangkat pahalanya sampai, Insyaallah," ungkapnya.

Virus Corona Ganggu Ekonomi, DJP Diminta Longgarkan Pajak Bagi UMKM

Terakhir, Iksan Qolbu meminta masyarakat memberi penguatan bukan lantas memberi tafsir lain atau dikaitan dengan klenik.

Dia menegaskan jikalau sudah ditakdirkan umrah, maka pada waktunya pasti akan umrah.

Menteri Agama diminta hati-hati bicara

Komisi VIII DPR RI Iskan Qolbi Lubis meminta Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi hati-hati berbicara soal kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara umrah atau ziarah untuk semua negara, termasuk Indonesia menyusul mewabahnya virus corona hingga ke Timur Tengah demi kesehatan umat.

Komisi VIII DPR: Penundaan Umrah Berdampak Besar pada Kejiwaan

Comments