Komisi IV DPR Soroti Anggaran Ayam Lokal dan Bengkel Alsintan

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Komisi IV DPR Soroti Anggaran Ayam Lokal dan Bengkel Alsintan

Komisi IV DPR Soroti Anggaran Ayam Lokal dan Bengkel Alsintan

KEPONEWS.COM - Komisi IV DPR Soroti Anggaran Ayam Lokal dan Bengkel Alsintan JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi IV DPR RI mengkritisi anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2021. Di antaranya anggaran pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehata...

JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi IV DPR RI mengkritisi anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2021. Di antaranya anggaran pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH). Adapun anggara itu untuk program pengadaan 500.000 ayam lokal untuk masyarakat senilai Rp33,7 miliar di tahun 2021.

Ketua Komisi IV dari Fraksi PDIP Sudin mengatakan, anggaran program pengadaan ayam lokal tersebut terlalu besar yang malah akan menjadi beban untuk negara.

"Sekarang kalau kita mau kasih bantuan kepada masyarakat, misalnya ayam, paling tidak ya tidak semua beban dibebankan ke kita (negara)," kata Sudin di Gedung DPR, Senin (21/9/2020).

Mentan Beli 500 Ribu Ekor Ayam Rp33,7 Miliar, Buat Apa?

Dia memaparkan, dalam program ini tidak perlu dilakukan pengadaan sangkar dan pakan untuk ayam. Karena, masyarakat dinilai bisa untuk membuat sangkar dan pakan sendiri berdasarkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

"Kalau di kampung dikasih bantuan ayam, Insya Allah pasti mereka bikin sangkar walaupun dari bambu, paling enggak begitu. Kalau pakan saya kira juga enggak perlu dibantu, karena terkadang kalau mereka ada nasi berlebih lalu dikasih ke ayam, dimakan kok," jelasnya.

Sudin melanjutkan program pengadaan ayam lokal ini kalau diperhitungkan maka harga ayam sebesar Rp67.400 per ekor.

"Masak kasih sangkar, ini enggak perlulah. Cobalah, saya minta hitung lagi ini. Kalau harga satu sangkar bisa dijadikan ayam lagi, kan lumayan, berarti kan volumenya bertambah," bebernya.

Harga Ayam Potong di Pasar Kemiri Muka Tembus Rp 70 Ribu Per Ekornya

Selanjutnya

Comments