Kominfo Tak Sarankan Penggunaan VPN, Risiko Keamanan Data hingga Potensi Malware

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Kominfo Tak Sarankan Penggunaan VPN, Risiko Keamanan Data hingga Potensi Malware

Kominfo Tak Sarankan Penggunaan VPN, Risiko Keamanan Data hingga Potensi Malware

KEPONEWS.COM - Kominfo Tak Sarankan Penggunaan VPN, Risiko Keamanan Data hingga Potensi Malware JAKARTA- Pemerintah melakukan pembatasan sosmed usai adanya aksi 22 Mei 2019 di Jakarta. Masyarakat pun tak dapat berkirim video dan foto di sosmed seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan Instagram....

JAKARTA- Pemerintah melakukan pembatasan sosmed usai adanya aksi 22 Mei 2019 di Jakarta. Masyarakat pun tak dapat berkirim video dan foto di sosmed seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan Instagram. VPN atau Virtual Privante Network jadi pilihan.

Hal tersebut dilakukan Pemerintah untuk mencegah viralnya hoaks atau informasi bohong yang cepat menyebar di sosmed. Meskipun demikian beberapa masyarakat mengakalinya dengan memakai VPN atau Virtual Private Network yang dapat mengakses sosmed tanpa masalah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika pun menanggapi hal tersebut. Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu penggunaan VPN tak dianjurkan oleh Kominfo karena adanya beberapa pengaruh negatif yang bisa ditimbulkan.

Kominfo Imbau warganet tak gunakan VPN

Cegah Provokasi dan Hoaks Aksi 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses Media Sosial

"Seperti yang disampaikan oleh Pak Menteri Kominfo, Rudiantara yang tidak menganjurkan untuk memakai VPN untuk membuka adanya blokir WhatsApp, Instagram, Twitter, dan Facebook," kata pria yang akrab disapa Nando tersebut kepada Okezone, Jumat (24/5/2019).

Tak hanya itu, Nando juga mengatakan bila beberapa hal negatif yang muncul seperti halnya pencurian data pribadi.

"Selain itu VPN juga bisa untuk profiling data kita secara umum. Kemudian ada kemungkinan disusupi virus dan malware. Kominfo tidak menganjurkan adanya VPN," kata dia.

Lebih lanjut dia juga mengungkapkan jikalau ini bukan diblokir secara luas karena hanya dibatasi pengiriman foto dan video saja.

"Masyarakat masih bisa berkomunikasi, pembatasannya ini tidak ekstrem-ekstrem sekali karena masih bisa berkirim teks di Instagram ,Twitter, WhatsApp, dan Facebbok," jelas dia. (AHL)

Ini Cara Aman Gunakan VPN untuk Buka Akses Media Sosial

(ABD)

Comments