Kominfo Siapkan Internet 5G di Gelaran MotoGP Mandalika 2022

MotoGP

Sports / MotoGP

Kominfo Siapkan Internet 5G di Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Kominfo Siapkan Internet 5G di Gelaran MotoGP Mandalika 2022

KEPONEWS.COM - Kominfo Siapkan Internet 5G di Gelaran MotoGP Mandalika 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan kehadiran internet 5G dalam menyokong gelaran MotoGP Mandalika 2022. Mereka juga menambah bandwith serta menyiapkan showcase 5G di ajang ter...

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan kehadiran internet 5G dalam menyokong gelaran MotoGP Mandalika 2022. Mereka juga menambah bandwith serta menyiapkan showcase 5G di ajang tersebut.

"Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kami juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience," ujar Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam siaran pers yang diterima, Minggu (23/1/2022).

Menurutnya, cakupan layanan 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis seperti berkumpulnya insan media, akomodasi, security, international airport, dan venue sirkuit MotoGP Mandalika.

Presiden Jokowi datangi Sirkuit Mandalika. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi datangi Sirkuit Mandalika. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Di daerah Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk showcase demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kami siapkan untuk 5G experience," sambungnya.

Intip Harga dan Spesifikasi Vivo V23 5G, Smartphone Bisa Berubah Warna yang Segera Dirlis di Indonesia

Sementara untuk operator penyelenggara telekomunikasi XL Axiata bakal showcase 5G dengan teknologi fixed wireless access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

Ia juga memastikan bahwa Kominfo dengan operator seluler maupun fiber optik terus berkoordinasi untuk menyediakan internet 5G di ajang MotoGP Mandalika.

Dalam mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo sudah menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung lancar. Terlebih bakal ada 110 ribu pengunjung yang datang ke ajang tersebut.

"Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar," ungkap Plate.

Ia menambahkan, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps. Saat ini, pihaknya telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.

Kominfo: Pengaturan Internet 5G di Indonesia Dirancang untuk Tak Bahayakan Penerbangan

"Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif," tandasnya.

Comments