Kominfo Siapkan Aturan Hukum Jasa Reseller Internet

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Kominfo Siapkan Aturan Hukum Jasa Reseller Internet

Kominfo Siapkan Aturan Hukum Jasa Reseller Internet

KEPONEWS.COM - Kominfo Siapkan Aturan Hukum Jasa Reseller Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menggagas wacana penyusunan aturan hukum untuk melindungi jasa jual kembali (reseller) internet di Indonesia....

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menggagas wacana penyusunan aturan hukum untuk melindungi jasa jual kembali (reseller) internet di Indonesia.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ismail mengatakan, peraturan itu diharapkan akan dapat memberikan kepastian kepada warga yang ingin berusaha di bidang koneksi internet.

"Tapi ada aturan mainnya, bagaimanapun pelanggan dan konsumen harus dilindungi dan pemerintah harus melindungi itu, katanya dalam siaran pers yang diterima, dikutip Kamis (24/11/2022).

Menurut Ismail, kepastian hukum akan menjadikan pelaku usaha berbisnis dengan tenang dan tidak berhadapan dengan masalah hukum.

Mengapa IMEI HP Hanya Bertahan 3 Bulan Padahal Baru Beli?

Maka dari itu, sambung dia, pemerintah sudah mewacanakan peraturan jasa jual beli internet. Terlebih saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat, dari kota hingga pelosok tanah air.

Di tengah kebutuhan itu, Ismail menilai sudah selayaknya pelaku bisinis dunia internet pandai melakukan persaingan.

Ilustrasi Berbelanja Online (Pixabay/HutchRock)Ilustrasi Berbelanja Online (Pixabay/HutchRock)

"Siapa yang dilawan, bagaimana cara melawan, dan sebagainya harus pandai mencari kompetensinya, strength point-nya di mana, kelincahannya, solusinya, itu yang dikedepankan," ucapnya.

Dia menegaskan aturan mengenai kemudahan berusaha di Indonesia sesuai arahan Presiden Joko WIdodo. Di mana setiap orang yang ingin berusaha di bidang koneksi internet perlu mempunyai nomor induk berusaha (NIB).

"Kita bernegara mempunyai aturan. Maka harus punya NIB. Kedua, dia juga harus punya pembagian terstruktur mengenai baku lapangan usaha Indonesia (KBLI). Sudah ada aturan menterinya, sudah ada putusan dirjennya, untuk memberikan rambu-rambu yang sederhana sebenarnya buat teman-teman jasa jual kembali ini," tukas Ismail.

Cara Dapat STB Gratis Dari Pemerintah, Cek NIK Kamu!

Comments