Kominfo Identifkasi 175 Konten Hoaks Selama Januari 2019

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Kominfo Identifkasi 175 Konten Hoaks Selama Januari 2019

Kominfo Identifkasi 175 Konten Hoaks Selama Januari 2019

KEPONEWS.COM - Kominfo Identifkasi 175 Konten Hoaks Selama Januari 2019 Ilustrasi chatting [Pixabay]. Internet dan sosmed menjadi platform yang menjadi fokus Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam memerangi konten hoaks yang menyebar, tak terkecuali selama bulan Jan...

Ilustrasi chatting [Pixabay].

Internet dan sosmed menjadi platform yang menjadi fokus Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam memerangi konten hoaks yang menyebar, tak terkecuali selama bulan Januari 2019.

Dalam siaran pers Kominfo, telah teridentifikasi sebanyak 175 konten hoaks yang menyebar di internet dan sosmed.

175 konten hoaks tersebut tersebar hanya dalam kurun waktu bulan Januari 2019 saja. Konten hoaks terbanyak ditemukan pada tanggal 22 Januari 2019 sebanyak 11 konten.

Hasil pantauan konten internet dan sosmed ini dilakukan oleh Direktorat Pengendalian Konten Internet Ditjen Software Informatika Kementrian Kominfo.

Dalam sehari, rata-rata ditemukan 4 sampai 6 konten hoaks dari beragam isu.

Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/Pexels)Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/Pexels)

Dilansir dari siaran pers Kominfo, selama bulan Januari 2019, jumlah isu hoaks atau disinformasi yang berkaitan dengan Pemilihan Umum ditemukan sebanyak 81 konten.

Salah satu yang berdampak mendapatkan perhatian publik ialah hoaks Temuan 7 Kontainer Surat Suara Sudah Dicoblos di Tanjung Priok, Isu PKI, Ijazah, sampai berkaitan dengan Simbol Jari.

Selain itu konten hoaks atau disinformasi yang berkaitan dengan peristiwa sebanyak 22 konten, antara lain hoaks yang berkaitan dengan Aksi Bunuh Diri di Sukorajo, Video Orang Yang Telah di Makamkan Selama 4 Hari Kembali Hidup, atau Pakai OVO Bayar Pendidikan Dapat Cashback 60%.

Isu pemerintah ditemukan sebanyak 13 konten, seperti hoaks mengenai Kemenag Memberi Lampu Hijau pada LGBT, Pengangkatan Honor K2 Jadi PNS, hingga RAzia STNK dan Lowongan Kerja di Rumah Sakit.

Tak hanya itu, sebnayak 9 konten hoaks yang berkaitan dengan isu agama juga ditemukan. Misalkan isu yang berkaitan dengan Muslim Ughyur, Larangan Salat Jumat di Perusahaan Cina, atau yang menarik perhatian publik berkaitan dengan ceramah Kyai Said Aqil Siradj dalam acara internal Muslimat NU.

Isu bencanaa, makanan, dan tokoh juga ditemukan sebanyak 8 konten, misalkan bencana yang berkaitan dengan angin kencang di ancol, potensi gempa 8 SR, banjir Katulampa sampai gempa susulan di Jawa Barat.

Beberapa tokoh besar juga dikaitkan dalam konten hoaks selama bulan Januari 2019, mereka merupakan Presiden Joko Widodo, Ahok, dan Ustadz Arifin Wangsit.

Keamanan dan teknologi juga ditemukan yang masing-masing 4 konten dan selebihnya 3 berkaitan dengan kecelakaan dan 1 untuk lingkungan.

Di akhir siaran pers Kominfo juga terus menghimbau netizen pengguna internet, sosial media dan penggun software pesan instan untuk tidak menyebarluaskan berita hoaks dalam bentuk apapun.

Comments