Kocak, Netizen Buat Meme Sindir Keputusan Pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan

Meme

Fun / Meme

Kocak, Netizen Buat Meme Sindir Keputusan Pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan

Kocak, Netizen Buat Meme Sindir Keputusan Pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan

KEPONEWS.COM - Kocak, Netizen Buat Meme Sindir Keputusan Pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan Gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (2/12/2019). (Suara/Ummi Hadyah Saleh) Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil belum lama ini mengonfirmasi bahwa Ibu Kota akan dipindahkan ke Kaliman...
Loading...

Gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (2/12/2019). (Suara/Ummi Hadyah Saleh)

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil belum lama ini mengonfirmasi bahwa Ibu Kota akan dipindahkan ke Kalimantan Timur. Menanggapi hal ini, netizen membuat meme kocak untuk sindir keputusan pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan ini.

Meme kocak buatan netizen ini diunggah akun @receh.id dan viral di Instagram pada Kamis (22/8/2019) lalu.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai siapa pembuat meme kocak ini. Namun, nampak dalam unggahan tersebut netizen ini mencoba untuk membandingkan potret Jakarta dahulu dan sekarang setelah menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

Lahan hijau yang luas dan asri berubah menjadi lokasi padat dengan gedung bertingkat karena pembangunan. Potret ini menunjukan kondisi Jakarta sekarang saat dikenal sebagai Ibu Kota Negara selama bertahun-tahun.

Sama seperti Jakarta, netizen juga membandingkan kondisi Kalimantan sekarang dengan Kalimantan yang akan datang saat nantinya Ibu Kota akan resmi pindah ke daerah tersebut.

Meme kocak sindir Ibu Kota yang pindah ke Kalimantan. (instagram/receh.id)Meme kocak sindir Ibu Kota yang pindah ke Kalimantan. (instagram/receh.id)

Berdasarkan meme kocak tersebut, Kalimantan sekarang yang penuh lahan hijau akan berubah layaknya Wakanda dalam film Black Panther milik Marvel. Banyak sekali pembangunan akan dilakukan di daerah yang didominasi hutan dan lahan hijau ini.

Walaupun bernada kocak, kondisi ini rupanya dianggap oleh sebagian orang sebagai bentuk kritik yang menyindir kondisi mendatang di daerah tersebut. Pepohonan dan hewan-hewan endemik dan langka ditakutkan akan hilang kalau terjadi pembangunan di daerah ini.

''Good bye pepohonan rindang, hewan-hewan endemik dan langka :")'' tulis akun @joan_rezi.

''RIP paru paru dunia'' komentar akun @zufarelian.

Polusi udara Jakarta. (Muhaimin A Untung)Polusi udara Jakarta. (Muhaimin A Untung)

Berpendapat lain, menurut netizen ini, pembangunan di Kalimantan sepertinya tidak akan mempengaruhi hutan dan kehidupan di daerah tersebut. Dirinya justru menyambut baik keputusan ini.

''Kalau menurutku kalimantan ke depannya gak pengaruh untuk hutannya walaupun kota di salah satu pulau tersebut dijadikan ibukota negara. Untuk pusat perekonomian kan tetap di jakarta. Yang dikalimantan itu kan hanya untuk pusat pemerintahan. Ya memang seperti itu harusnya. Kalau di USA washington dc dijadikan ibukota negara. Pusat perekonomian kan di NEW York.'' tulis netizen dengan akun @irulsurya.

Terlepas dari perdebatan terkait pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan, pemerintah rupanya tetap serius menggarap rencana ini.

Hal ini terkait dengan pengumuman resmi dari Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang yang mengomentari bahwa persiapan perpindahan Ibu Kota ke Kalimantan ini akan segera dilakukan.

Comments