KNKT Akui Ada Pilot Ketiga di Penerbangan JT043 Denpasar - Jakarta

Nasional

News / Nasional

KNKT Akui Ada Pilot Ketiga di Penerbangan JT043 Denpasar - Jakarta

KNKT Akui Ada Pilot Ketiga di Penerbangan JT043 Denpasar - Jakarta

KEPONEWS.COM - KNKT Akui Ada Pilot Ketiga di Penerbangan JT043 Denpasar - Jakarta Laporan Wartawan Tribunnews, Reynas Abdila Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan keterangan perihal adanya pilot lain di cockpit pada penerbangan Lion JT043 Denpasar ke Jakarta....

Laporan Wartawan Tribunnews, Reynas Abdila

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan keterangan perihal adanya pilot lain di cockpit pada penerbangan Lion JT043 Denpasar ke Jakarta.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Soerjanto Tjahjono membenarkan perihal adanya pilot ketiga pada maskapai Lion Air JT043 rute Denpasar-Jakarta sebelum terjadi insiden kecelakaan di Karawang.

"Pada penerbangan JT043 dari Denpasar ke Jakarta yang mengalami gangguan setelah digantinya Angle of Attack sensor, KNKT memberikan bahwa benar ada pilot lain yang berada di cockpit pada penerbangan itu," kata Soerjanto di kantor KNKT, Kamis (21/3/2019).

Misteri Siapa Pemain Asing Baru Persib Mulai Menemui Titik Terang

Menurutnya, pilot ini ialah pilot yang telah selesai menjalankan tugas terbang dan akan kembali ke Jakarta.

Pilot ini mempunyai kualifikasi sebagai pilot B737-8 (MAX), dan pilot yang bersangkutan sudah diinterview oleh KNKT.

"Sesuai UU no 1 tahun 2009 pasal 359, pernyataan dari seseorang yang diperoleh selama proses investigasi tidak boleh dipblikasikan. Untuk itu KNKT tidak akan memberikan hasil wawancaranya," tambahnya.

Ketua Subkomite Investigasi KNKT Nurcahyo Utomo mengaku menginterview pilot yang dirahasiakan tersebut.

Nurcahyo dihadapan awak media mengatakan tidak tahu persis di maskapai pilot ketiga itu bekerja.

"Pilot ketiga itu kita panggil untuk tahu apa yang dia lihat dan apa yang dia dengar. Kemudian dia menggambarkan suasana seperti apa saat pesawat JT043 rute Denpasar-Jakarta mengalami malfungsi," papar Nurcahyo.

KNKT Akui Ada Pilot Ketiga di Penerbangan JT043 Denpasar - Jakarta

Comments