Kisah Sumur Keramat Habib Sholeh Tanggul, Ilmu Dukun Santet Musnah Seketika

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kisah Sumur Keramat Habib Sholeh Tanggul, Ilmu Dukun Santet Musnah Seketika

Kisah Sumur Keramat Habib Sholeh Tanggul, Ilmu Dukun Santet Musnah Seketika

KEPONEWS.COM - Kisah Sumur Keramat Habib Sholeh Tanggul, Ilmu Dukun Santet Musnah Seketika MASUKNYA Islam ke Indonesia tak lepas dari dakwah para ulama dan habaib yang datang dari Hadramaut, Yaman Selatan. Metode dakwah yang sejuk penuh toleransi seperti halnya Walisongo membuat Islam begit...

MASUKNYA Islam ke Indonesia tak lepas dari dakwah para ulama dan habaib yang datang dari Hadramaut, Yaman Selatan. Metode dakwah yang sejuk penuh toleransi seperti halnya Walisongo membuat Islam begitu berkembang pesat di bumi Nusantara.

Salah satu ulama yang datang dari Hadramaut ialah Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid. Beliau merupakan ulama dari kalangan alawiyyin atau keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang dianugerahi karomah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Beliau dilahirkan di Desa Qorbah Ba Karman, Hadramaut, Yaman pada 17 Jumadul Ula tahun 1313 Hijriah bertepatan dengan tahun 1895 Masehi.

Habib Sholeh hijrah ke Lumajang, Jawa Timur pada bulan Juni 1921 Masehi. Adapula yang menyebutkan beliau hijrah pada usia 21 tahun. Namun yang pasti, Habib Sholeh lama menetap hingga akhir hayatnya di Tanggul, Jember.

Dalam perjalanan dakwahnya, Habib Sholeh meninggalkan beberapa sumur yang bisa dikatakan sebagai 'sumur keramat'. Salah satu sumur itu berada di daerah Tempeh, Lumajang, Jawa Timur.

Misteri Makam Nabi Musa, Benarkah di Tanah Yerusalem?

Habib Sholeh Tanggul

(Foto: Ist)

Menurut cerita masyarakat setempat, sumur itu ampuh menyembuhkan banyak sekali macam penyakit, mulai medis maupun non-medis seperti santet, teluh, sihir, tenung, maupun pelet.

Pada zaman dahulu, saking banyaknya tamu yang berkunjung ke tempat Habib Sholeh, sumur itu disiram dengan air zam-zam dan diludahi oleh beliau.

Disebabkan karomah seorang wali yang mencapai maqom quthub atau kedudukan tertinggi dan mulia di zamannya, air itu bisa mendatangkan manfaat bagi mereka yang membutuhkannya.

Dikutip dari channel YouTube Penerus Para Nabi, suatu hari, pernah ada seorang wanita berparas cantik yang banyak disukai pria hingga jadi rebutan. Ada seorang pria yang jatuh hati kepadanya, namun si wanita tersebut menolaknya mentah-mentah. Pria itu tetap memaksa untuk menikahinya namun gadis itu bersikukuh menolak.

Sumur Keramat Habib Sholeh Tanggul

(Foto: YouTube/@TV KENANGAN)

Alhasil, pria itu sakit hati dan pergi ke rumah dukun untuk mengguna-guna targetnya tadi. Singkat cerita, sang gadis cantik seketika berubah menjadi jadi orang tidak waras.

Sederet Kisah Mistis Waduk Sermo, Makam Keramat hingga Ikan Setan Merah

Ia bahkan beberapa kali sampai keluar rumah tanpa busana, karena pengaruh guna-guna kiriman pria yang dulu menaksirnya. Keluarga wanita pun kebingungan, karena sudah berobat ke mana-mana hasilnya tetap nihil.

Comments