Kisah Sukses Penjual Sandwich Jimmy John Liautaud yang Kini Jadi Miliarder

Inspirasi

Ragam / Inspirasi

Kisah Sukses Penjual Sandwich Jimmy John Liautaud yang Kini Jadi Miliarder

Kisah Sukses Penjual Sandwich Jimmy John Liautaud yang Kini Jadi Miliarder

KEPONEWS.COM - Kisah Sukses Penjual Sandwich Jimmy John Liautaud yang Kini Jadi Miliarder JAKARTA Miliarder asal Amerika Jimmy John Liautaud meraup keuntungan lebih dari USD2 miliar dari toko sandwich miliknya, Sandwich Chain Jimmy John s. Kesuksesan yang dia dapat saat ini, tidak te...
Loading...

JAKARTA Miliarder asal Amerika Jimmy John Liautaud meraup keuntungan lebih dari USD2 miliar dari toko sandwich miliknya, Sandwich Chain Jimmy John s. Kesuksesan yang dia dapat saat ini, tidak terjadi begitu saja. Terdapat proses yang cukup panjang untuk bisa menjadi seperti ini.

Liautaud telah mengalami keadaan yang sangat bergejolak hampir sepanjang hidupnya. Pada usia 12 tahun, Ibunya berimigrasi ke Illinois untuk mengajar sekolah dasar di sana, dan ayahnya merupakan seorang veteran tentara yang berubah menjadi wirausahawan yang telah mengalami dua kali kebangkrutan.

Tahun-tahun awal saya hidup dalam kegagalan total, katanya, seperti dilansir Forbes, Kamis (3/1/2019). Namun akhirnya, ayahnya mulai sukses dengan perusahaan pembuat plastik.

Miliarder Elon Musk Ramal Masa Depan Manusia, Seperti Apa?

Liautaud sendiri diberi USD25 ribu untuk memulai usaha, dengan syarat dia akan bergabung dengan Angkatan Darat. Akhirnya dia mulai mendirikan Toko Sandwich Jimmy John s di dekat Universitas Illinos Timur pada 1983, saat usianya 19 tahun. Dia dan ayahnya membagikan kepemilikan usaha sandwich ini masing-masing 52% dan 48%.

Liautaud bekerja 18 jam sehari untuk mengirimkan sandwich ke asrama universitas, juga melayani pelanggan di tokonya. Selain itu dia juga mempelajari perihal keuangan dasar dengan cepat. Dalam 12 bulan pertama dia meraup keuntungan USD154 ribu.

Kemudian, dia membuka toko keduanya pada 1986, dan pada 1994 telah mempunyai 10 toko dengan penghasilan USD4 juta. Jimmy John pun mulai menjual waralaba pada tahun yang sama, yang sebagian besar di negara-negara besar agar berkembang lebih cepat.

Pada 2005, Liautaud memutuskan untuk mendiversifikasi kekayaannya dengan menjual sebagian perusahaan. Kalau saya menjual USD2 juta per tahun, saya masih bisa menjalani hidup, katanya.

Fakta Sederet Milarder yang Kekayaannya Naik Turun pada 2018

Akhirnya, perusahaan ekuitas swasta di Boston membeli perusahaannya. Dia menjual 28% bisnisnya dan menghasilkan USD130 juta.

Selama 6 tahun, bisnisnya berkembang pesat. Namun pada saat tertentu ia mengalami keadaan yang kurang menyenangkan. Liautaud berjuang untuk mengombangi pertumbuhan perusahaannya. Pada 2014, sandwich chain Jimmy John s telah mempunyai cabang di 2000 lokasi, dan Liautaud tidak bisa mengendalikan semua bagian.

Saya merasa seperti kehilangan bandwith. Di departemen pemasaran saya mempunyai dana iklan sebesar USD100 juta dan saya resah bagaimana cara menjalankan dana tersebut secara efektif? ujar Liautaud yang kemudian mengangkat presiden James North, seorang karyawan lama menjadi CEO pertama.

Kemudian, Liautaud membeli sebagian besar saham Roark Capital, sebuah perusahaan besar yang berbasis di Atlanta pada 2016. Ia mempunyai 35% kepemilikan perusahaan yang bernilai USD1,7 miliar berkat kesepakatann yang telah dibuat dan investasi lain, seperti tanah pertanian di Illinos dan saham produsen elektrik rokok Juul.

(fbn)


Loading...
Loading...

Comments