Kisah inspiratif penjual burger, putus sekolah kini jadi miliuner

Inspirasi

Ragam / Inspirasi

Kisah inspiratif penjual burger, putus sekolah kini jadi miliuner

Kisah inspiratif penjual burger, putus sekolah kini jadi miliuner

KEPONEWS.COM - Kisah inspiratif penjual burger, putus sekolah kini jadi miliuner Nasib seseorang tidak pernah bisa ada yang tebak. Bisa saja dulu seseorang kondisi ekonominya sangat memprihatinkan, tidak mendapat pendidikan dan lain sebagainya. Namun sekarang berkat kerja keras, o...

Nasib seseorang tidak pernah bisa ada yang tebak. Bisa saja dulu seseorang kondisi ekonominya sangat memprihatinkan, tidak mendapat pendidikan dan lain sebagainya. Namun sekarang berkat kerja keras, orang itu bisa mengubah nasibnya 180 derajat. Dari yang tadinya melarat, menjadi miliuner.

Todd Brooks, pemilik restoran Brooks Gourmet Burgers & Dogs, saat ini menjadi miliuner. Bisnisnya telah menghasilkan jutaan Dolar Amerika (USD) dan mendapat peringkat burger No 2 di Amerika versi TripAdvisor. Sebelum mencapai kesuksesannya, Todd Brooks harus mengambil risiko dalam hidupnya. Keberaniannya dalam mengambil risiko ini menjadi salah satu kunci suksesnya. "Saya putus sekolah di usia 16," kata Todd Brooks.

Dilansir dari merdeka.com, Selasa (29/10), Todd Brooks tumbuh besar di Kansas City, Missouri. Dia bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri sebagai pencuci piring di sebuah restoran. Todd Brooks mulai menyukai usaha restoran. Lalu akhirnya pindah ke restoran steak terkenal, Hereford House dan bekerja di bagian dapur selama 15 tahun.

"Di sana sudah seperti rumah saya," kenang Brooks. "Saya berencana pensiun di sini."

Tahun 2008 Restoran Hereford House terbakar. Pemilik Hereford yang juga sahabat baik Todd Brooks dipenjara karena kasus penipuan dan dalang dari kebakaran restorannya sendiri. Saat itu juga Todd Brooks harus mengambil sebuah keputusan.

penjual burger miliuner © berbagai sumber

foto: merdeka.com

"Saya harus memutuskan apakah bekerja pada orang lain lagi atau mengambil kesempatan dalam melakukan sesuatu untuk diri saya sendiri," kata Todd Brooks.

Brooks memutuskan untuk membuka restoran sendiri di Naples, Florida. Tempat yang selalu mereka kunjungi setahun sekali dan bermimpi untuk pindah ke sana. "Kami hanya mempunyai satu kesempatan ini untuk mewujudkannya," katanya.

Akhir 2009, Todd Brooks pergi ke Naples untuk mencari tempat tinggal. Dia sekeluarga kemudian pindah dan menetap di tempat yang sesuai dengan keuangannya. Selama berbulan-bulan, Todd Brooks mencari restoran yang dijual di daerah Naples. Todd Brooks kembali mengambil risiko dengan menjual mobil dan semua harta yang dimilikinya untuk membeli sebuah restoran dan memulai kehidupan baru. "Semuanya berjalan sangat, sangat buruk," kata Brooks.

Saat Todd Brooks pergi ke kedai untuk minum bir, dia bercerita atas apa yang telah dia alami kepada pemilik kedai. Pemilik kedai mengatakan bahwa dia ingin menjual kedai burgernya.

Setelah dua minggu memikirkannya, Todd Brooks akhirnya membeli kedai itu. Kedai itu bernama Lindburgers. "Kondisi kedai Lindburgers sangat menjijikkan tapi itu merupakan langkah awal. Kedai ini sudah dikenal orang selama beberapa dekade. Saya pikir, kita bisa membersihkannya."

penjual burger miliuner © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Tetapi selama tiga tahun pertama, Todd Brooks tidak menghasilkan uang. "Setiap bulan rasanya saya ingin menyerah. Saya dan isteri saya terus bekerja 60 jam seminggu. Kami juga merawat anak-anak di rumah sewaan kecil," kenangnya.

Todd Brooks dan keluarga sedang berada di tahap yang sulit. Berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar tagihan. Meminjam uang dari bank dan keluarga. Melamar kerja di perusahaan untuk menutupi kebutuhannya. Namun, dia kembali lagi fokus ke restorannya dan berharap lebih baik ke depannya.

"Beberapa kali saya mengatakan ingin menjual restoran saja. Saya merasa tidak akan berhasil, tapi saya masih harus memikirkan anak-anak," tuturnya.

Kemudian Todd Brooks dan isterinya, Sandra berjuang lebih di tahun ketiga restorannya buka. Todd Brooks telah meningkatkan mutu daging burgernya semenjak dia membuka tempat itu. Kabar dari mulut ke mulut yang memberikan bahwa restorannya mempunyai resep rahasia. Semenjak itu restorannya mulai menghasilkan uang.

Karena lingkungan Naples yang dipenuhi restoran mewah dan Todd Brooks menyambut siapapun yang datang ke restorannya dengan sangat ramah, pelanggan pun menyukai restorannya. Todd Brooks menanggapi ulasannya di sosmed. Menjawab telepon dan surat dengan sangat ramah yang membuat pelanggan membicarakan restorannya dari mulut ke mulut dengan pelayanan yang puas.

"Pada 2013, tahun keempat kami di sini. Kami terpilih masuk ke dalam 10 restoran lokal terbaik di Naples versi TripAdvisor," katanya.

penjual burger miliuner © berbagai sumber

foto: brooksburgers.com

Saat dia mengunjungi keluarganya di Kansas City, manager toko meneleponnya dan memberitahukan bahwa kondisi di restoran sangat ramai. Dia akhirnya kembali ke Naples untuk membantu restorannya. Keluarga Todd tidak lagi mengalami kesulitan, karena saat ini dia sudah menghasilkan jutaan dolar. Bahkan penghasilannya naik hingga satu juta dolar.

Penghasilan Brooks Burgers pada 2014 merupakan USD 320.000 dan pada 2015 menjadi USD 1,3 juta atau setara Rp18,2 miliar. Koki di dapur yang sebelumnya hanya satu, kini menjadi tiga.

"Ini ialah pertama kalinya dalam waktu yang lama kami menaruh uang di bank. Rasanya enak," ucapnya.

Pelanggannya tidak pernah sepi. Restorannya akan dipenuhi pelanggan ketika libur akhir pekan, akhir tahun dan musim panas.

Recommended By Editor

Comments