Kisah Inspiratif: Filosofi Gandhi Mampu Mengubah Jati Diri Seorang Residivis di India yang Melakukan 19 Kejahatan

Inspirasi

Ragam / Inspirasi

Kisah Inspiratif: Filosofi Gandhi Mampu Mengubah Jati Diri Seorang Residivis di India yang Melakukan 19 Kejahatan

Kisah Inspiratif: Filosofi Gandhi Mampu Mengubah Jati Diri Seorang Residivis di India yang Melakukan 19 Kejahatan

KEPONEWS.COM - Kisah Inspiratif: Filosofi Gandhi Mampu Mengubah Jati Diri Seorang Residivis di India yang Melakukan 19 Kejahatan Banyak dari manusia yang pasti memiliki masa lalu yang cukup kelam. Termasuk kehidupan seorang pria bernama Laxman Gole. Ia memiliki masa lalu yang sangat kelam, dimana ia pernah melakukan 19 jenis ke...

Banyak dari manusia yang pasti memiliki masa lalu yang cukup kelam. Termasuk kehidupan seorang pria bernama Laxman Gole. Ia memiliki masa lalu yang sangat kelam, dimana ia pernah melakukan 19 jenis kejahatan kriminal, dan pernah dijebloskan ke dalam penjara.

Dikarenakan menyadari bahwa hidupnya begitu buruk dan suram, dia memutuskan untuk mengubah hidupnya secara perlahan. Setelah ia membaca buku dari seorang filosofi Gandhi, kehidupan Gole pun berubah drastis!

Kredit: Logical India

Lahir dan dibesarkan di Mumbai, Gole tumbuh di sekitar orang-orang yang terobsesi dengan kegiatan anti-sosial.

Bahkan sebelum saya bisa menyadari bahwa saya telah tersedot ke dalam pusaran kegiatan ini.

Banyak masyarakat yang dengan mudah menjadikan anak-anak remaja mereka sebagai sumber penghasilan mereka, dan itu membuat para remaja, termasuk saya tidak dapat menahan diri untuk tidak terlibat dalam tindakan buruk ini, kata Gole dalam sebuah wawancara dengan The Logical Indian.

Kredit: Logical India

Karena sahabat dan lingkungan tempat tinggalnya tak baik, bisa membawa Gole masuk ke dalam perangkap tindak kejahatan. Walaupun demikian, naluri dan rasa kemanusiaannya belumlah sepenuhnya hilang.

Sahabat-teman Gole kerap melecehkan seorang wanita di jalanan, Gole mencoba menghentikan mereka tapi tidak bisa.

Tiba-tiba, wanita itu menjerit dan bertanya apakah pria lain juga akan berperilaku seperti itu terhadapnya. Setelah mendengar hal itu, sesuatu terjadi padaku, dan aku merasa aku harus melakukan sesuatu untuknya, kenang Gole.

Kredit: Logical India

Suatu hari, Gole pergi ke tukang cukur di dekat rumahnya. Namun karena tukang cukurnya salah mencukur rambutnya, kehidupan Gole muda berubah drastis setelah itu.

Selain itu, dia juga terlibat dalam beberapa kasus pemerasan, yang menyebabkan dirinya harus menjalani hukuman empat tahun penjara.

Ketika ia dipenjara, itu menjadi titik balik dalam hidupnya. Gole melihat orang-orang baik berubah buruk karena lingkungan dan teman-temannya.

Untungnya, Gole menemukan Bombay Sarvodaya Mandal, sebuah organisasi amal yang mempromosikan prinsip-prinsip Gandhi yang tertulis dalam buku autobiografi Gandhi, My Experiments with Truth .

Kredit: Logical India

Akibatnya, buku tersebut mengubah dirinya menjadi seseorang yang lebih baik. Ia pun mulai membuka lembaran baru dan bertekad untuk mengisinya dengan hal-hal yang baik.

Dia berinisiatif untuk meminta maaf kepada orang-orang yang telah dia rugikan dulu. Ia kini telah bekerja di organisasi Bombay Sarvodaya Mandal, dan Gole telah menemukan jati diri dan berusaha melakukan yang terbaik untuk mengubah kehidupannya yang dulu kelam.

Tak hanya itu, Gole telah menikah dan dikaruniai dua anak perempuan. Ketika saya pergi ke sekolah atau perguruan tinggi, saya sering bertemu dengan orang-orang yang ingin memberikan sesuatu yang baik dan positif untuk masyarakat, khususnya para tahanan.

Saya katakan kepada mereka, hal terbaik yang bisa mereka lakukan ialah dengan mempekerjakan seseorang yang memiliki masa lalu kelam, seperti mantan penjahat atau pelaku tindak kriminal, agar mereka sadar dan terdorong untuk melakukan perbuatan baik di masa depan, ujarnya. (intan)

Sumber : ntd.tv

Comments