Kisah di balik 5 lagu Lebaran legendaris ini sarat makna

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Kisah di balik 5 lagu Lebaran legendaris ini sarat makna

Kisah di balik 5 lagu Lebaran legendaris ini sarat makna

KEPONEWS.COM - Kisah di balik 5 lagu Lebaran legendaris ini sarat makna Hampir setiap tahun, lagu bertema Lebaran diputar di momen Idul Fitri. Lagu tersebut karya para musisi terkenal dalam satu dekade terakhir. Lagu Lebaran juga telah diproduksi semenjak berpuluh tahun l...
Loading...

Hampir setiap tahun, lagu bertema Lebaran diputar di momen Idul Fitri. Lagu tersebut karya para musisi terkenal dalam satu dekade terakhir. Lagu Lebaran juga telah diproduksi semenjak berpuluh tahun lalu bahkan di awal kemerdekaan Indonesia.

Tak jarang para musisi Tanah Air juga memberikan pesan dalam setiap liriknya. Lagu-lagu Lebaran legendaris tersebut seakan tak lekang oleh zaman. Seperti lagu yang diaransemen ulang oleh beberapa musisi seperti Gigi, Ungu dan sederet musisi lain.

Lalu, apa saja lagu-lagu tersebut? Bagaimanakah fakta di baliknya? Berikut telah merangkum dari banyak sekali sumber pada Minggu (26/5).

1. Hari Lebaran - Ismail Marzuki.

Lagu ini direkam pertama kali pada 1950-an. Ada dua versi mengenai penyanyi pertama lagu Hari Lebaran. Versi pertama dinyanyikan oleh grup vokal Lima Seirama di Radio Republik Indonesia (RRI) pada 1952. Adapun versi yang kedua dilantunkan oleh Didi & Kwartet Mascan. Pada intinya, setelah kemunculannya pertama kali lagu Hari Lebaran langsung dikenal publik hingga hari ini.

2. Lebaran - Oeslan Husein.

Lagu berjudul Lebaran ini dinyanyikan pertama kali oleh Oeslan Husein dalam album "Hanja Ada Satu". Penyayi tahun 50-an ini kerap melantunkan lagu bernuansa Minang. Karyanya yang cukup terkenal merupakan "Kampuang Nan Jauh di Mato".

Lagu Lebaran karya Oeslan terkenal hingga Singapura dan Malaysia. Lagu ini diciptakan oleh Orkes Widjaja Kusuma pimpinan M. Jusuf yang mengutip dari Irama Nusantara. Lebaran kerap dinyanyikan ulang oleh musisi Tanah Air seperti Tasya Kamila.

3. Ngawinin - Benyamin Sueb.

Lagu ini diciptakan oleh Benyamin Sueb. Pada lagu ini ia menceritakan beberapa tema termasuk soal momen Lebaran. Seniman Betawi yang lahir di Kemayoran, 5 Maret 1939 ini bercerita wacana aktivitas Lebaran. Dengan lihainya, Benyamin mengaitkan momen Lebaran disambungkan dengan tema perkawinan.

4. Lebaran Sebentar Lagi - Bimbo.

Lagu ini dipopulerkan oleh grup musik Bimbo. Lagu milik grup yang terbentuk semenjak 1967 ini sangat populer di masyarakat. Lagu bercerita wacana serangkaian ibadah dari bulan Ramadan hingga hari kemenangan. Beberapa musisi pernah menyanyikan ulang seperti Gigi dan kolaborasi tiga penyanyi Afgan, Andien dan Giring.

5. Selamat Lebaran - Dhea Ananda.

Lagu Selamat Lebaran dilantunkan oleh penyanyi cilik Dhea Ananda. Lagu ini sangat populer di masyarakat pada era 1990-an. Nadanya yang ceria dan penampilan Dhea Ananda yang energik menjadikan lagu ini hits terlebih di kalangan anak kecil.

Recommended By Editor Ini cara basmi energi negatif agar karier & self-love seimbang Barang preloved branded makin diminati jelang Lebaran, ini alasannya Tampil dengan ide segar, ini proses rahasia sukses Dagadu Jogja Selain The Simpsons, 7 adegan kartun ini jadi kenyataan Abadikan momen mudik bisa dapat hadiah, begini caranya Persis adegan film, 10 potret ini aslinya bikin kamu terkejut
Loading...
Kisah di balik 5 lagu Lebaran legendaris ini sarat makna
Loading...

Comments