Kim Jong Un Tersinggung, Donald Trump Tinggalkan Pertemuan Tanpa Kesepakatan

Internasional

News / Internasional

Kim Jong Un Tersinggung, Donald Trump Tinggalkan Pertemuan Tanpa Kesepakatan

Kim Jong Un Tersinggung, Donald Trump Tinggalkan Pertemuan Tanpa Kesepakatan

KEPONEWS.COM - Kim Jong Un Tersinggung, Donald Trump Tinggalkan Pertemuan Tanpa Kesepakatan HANOI - Gagalnya pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam memberi pukulan bagi Kim Jong Un. Kim Jong Un disebut merasa tersinggung karena haru...

HANOI - Gagalnya pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam memberi pukulan bagi Kim Jong Un. Kim Jong Un disebut merasa tersinggung karena harus kembali ke Korea Utara dengan tangan hampa.

Kim Jong Un datang ke Vietnam pada awal pekan ini dengan membawa kepercayaan diri tinggi. Namun ia tak dapat menutupi kekecewaannya tak meraih kesepakatan yang diharapkan saat pulang ke negara asalnya.

Seorang sumber CNN yang tak ingin disebutkan namanya bilang Kim datang ke Hanoi dengan harapan besar untuk bisa menandatangani sebuah deklarasi penting bagi negaranya. Dan ia datang tanpa rencana cadangan.

Sumber menyebut Korea Utara sangat berharap hukuman yang dikenakan kepada negara tersebut bisa dicabut. Sebagai gantinya, Kim siap melakukan keputusan yang signifikan tekait program nuklirnya.

"Mereka bersedia memberikan segalanya, termasuk semua fasilitas di Yongbyon yang terdapat reaktor nuklir Korea Utara. Bukan hanya satu reaktor fisik, tetapi seluruh kompleks," kata sang sumber.

Setelah 50.000 Km Pemakaian, Biaya Perawatan Xpander Diklaim Tetap Lebih Rendah dari Kompetitor

"Mereka juga mulai serius dalam urusan usaha. Namun kemudian Trump menolak proposal itu dan pergi begitu saja," ujarnya.

Namun pada kenyataannya, pertemuan puncak tersebut berakhir memalukan bagi Korea Utara. Tidak hanya Presiden Trump yang angkat kaki dari perundingan, dia juga menolak jamuan makan terakhir yang seharusnya dihadiri bersama Kim.

Polisi: Andi Arief Diduga Korban, Akan Direhab karena Sebatas Pengguna Sabu

Berhentinya pembicaraan secara tiba-tiba menciptakan krisis bagi Kim dan tim negosiatornya yang kebingungan.

Dalam konferensi persnya, Trump mengklaim bahwa Korea Utara menuntut pencabutan semua hukuman. Sebagai balasan, Korea Utara kemudian mengambil langkah langka dengan mengadakan konferensi pers susulan untuk menegaskan bahwa mereka hanya meminta pengurangan sebagian hukuman.

Wakil Menteri Luar Negeri Choe yang muncul dalam konferensi pers tersebut juga bilang bahwa Amerika Serikat telah kehilang kesembatan yang datang sekali dalam seribu tahun.

"Mengadakan konferensi pers setelah tengah malam untuk bereaksi terhadap pernyataan Trump menunjukkan tingkat keputusasaan dan tingkat ketidakpuasan dari pihak Korea Utara," kata sumber yang lain.

Meski tak muncul dalam konferensi pers, namun sang sumber menyebut raut wajah Kim sangat masam pada malam tersebut.

Tendi/Sumber: CNN
Berita ini tayang di Kontan dengan judul Ditinggal Donald Trump tanpa kesepakatan, Kim Jong Un merasa tersinggung

Kim Jong Un Tersinggung, Donald Trump Tinggalkan Pertemuan Tanpa Kesepakatan

Comments