Kikugawa: Di Resto Jepang Legendaris Ini Ada Ume Set dengan Rasa Autentik

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Kikugawa: Di Resto Jepang Legendaris Ini Ada Ume Set dengan Rasa Autentik

Kikugawa: Di Resto Jepang Legendaris Ini Ada Ume Set dengan Rasa Autentik

KEPONEWS.COM - Kikugawa: Di Resto Jepang Legendaris Ini Ada Ume Set dengan Rasa Autentik Restoran Jepang Kikugawa sudah berusia 47 tahun. Ada sushi, tempura, dan sukiyaki dalam ume set lezat di sini.Hidangan Jepang termasuk hidangan internasional paling populer di Jakarta. Hal ini terbukt...

Restoran Jepang Kikugawa sudah berusia 47 tahun. Ada sushi, tempura, dan sukiyaki dalam ume set lezat di sini.

Hidangan Jepang termasuk hidangan internasional paling populer di Jakarta. Hal ini terbukti dari banyaknya peminat restoran Jepang di Jakarta. Kebanyakan mereka mencari sushi, ramen, hingga yakitori yang lezat khas negeri Sakura.

Bila menilik sejarah, restoran Jepang pertama di Jakarta kabarnya didirikan tahun 1969. Dinamai Kikugawa, restoran ini berada di kawasan Cikini. Hingga sekarang restoran bertahan dengan konsep autentik Jepang.

Foto: detikFood
Bangunan restoran seperti rumah mungil yang menjorok ke dalam. Ada jembatan kecil yang harus dilalui sebelum kami membuka pintu restoran. Suasana Jepang masa lampau pun begitu terasa saat memasuki restoran.

Nampak kursi rotan, tirai bambu, hiasan kipas, dan pajangan boneka Jepang melengkapi interior restoran. Penggunaan lantai batu dan tegel abu-abu semakin menguatkan nuansa masa lampau. Wah, rasanya seperti dibawa ke puluhan tahun lalu saat restoran baru pertama kali dibuka!

Soal menu, Kikugawa tak menawarkan banyak pilihan. Bagi yang ingin menu lengkap bisa memilih set menu. Jenisnya antara lain Ume Set, Kiku Set, Kikugawa Set A, dan Kikugawa Set B. Tersedia juga curry rice, udon, dan yakitori dalam menu satuan.

Untuk santap sore kami memilih Ume Set (Rp 124.000) dan Tori Karaage (Rp 36.000). Dilengkapi Ocha (Rp 20.000) sebagai pembilas dahaga.

Ume Set disajikan dalam nampan besar berisi sushi, sashimi, tempura, sukiyaki, yakitori, dan sup miso. Semua menu disusun cantik dengan tampilan memikat selera.

Foto: detikFood
Di atas piring persegi panjang, 5 buah sushi salmon disusun rapih. Toppingnya berupa salmon bakar sesuai pilihan kami. Meski begitu ada pilihan lain berupa salmon sashimi untuk topping sushi.

Kepalan nasi sushinya terasa cukup pulen dan empuk. Tetapi teksturnya tidak lengket sehingga buyar saat kami angkat dengan sumpit. Sementara salmon bakarnya menebar aroma smoky yang khas. Tercecap rasa asin ringan yang enak. Makin enak saat dicelup ke shoyu.

Sashimi yang jadi isian Ume Set tak kalah menarik selera. Sama seperti sushi, kami bisa memilih ingin menikmati sashimi begitu saja atau dibakar. Penggunaan salmon segar membuat 3 lembaran sashimi terasa tak amis. Teksturnya yang kenyal juicy dijamin puaskan selera pencinta salmon mentah.

Sedari tadi pandangan kami tak bisa lepas dari mangkuk tempura. Ada 2 buah udang, terung, buncis, wortel, dan bayam berbalut tepung yang menarik selera. Nyamm! Tepung tempura di sini rupanya tidak renyah melainkan tebal dan lembab. Saat dicocol ke tentsuyu (saus cocolan), tempura terasa lebih nikmat dengan jejak rasa gurih ringan.

Foto: detikFood
Favorit kami tentu saja tempura udang yang kenyal juicy. Disusul tempura bayam yang lebih renyah dibanding tempura sayuran lain.

Sukiyaki tak kami lewatkan. Nampak sawi putih, tofu putih, telur rebus, soun, dan lembaran tipis daging sapi berendam dalam kuah kecokelatan. Slurrpp! Kuah sukiyakinya terasa gurih manis. Pas mengiringi isian sukiyaki yang berjejal padat dalam mangkuk.

Ume Set kami 'tuntaskan' dengan menyantap yakitori sebagai menu terakhir. Dua tusuk sate khas Jepang ini terdiri dari daging ayam dan daun bawang yang disusun berselingan. Nampak totol-totol kehitaman bekas bakaran di permukaan daging ayam.

Aroma bakaran yang sedap menguar dari sajian ini. Dugaan kami tak meleset, daging ayamnya begitu empuk dan juicy. Cita rasa gurih khas shoyu terasa pas. Membuat kami tak ragu menobatkan yakitori sebagai 'juara' dalam Ume Set.

Foto: detikFood
Di akhir santapan, kami mendapat 3 irisan pepaya sebagai pencuci mulut. Wah, benar-benar set menu yang lengkap dan mengenyangkan! Jika tak ingin terlalu kenyang seperti kami, Ume Set bisa dinikmati 2 orang.

Oia, sebelum melahap Ume Set, kami sempat mencicip Tori karaage. Delapan potong daging ayam berbalut tepung renyah ini terasa empuk gurih. Sayang rasa asinnya terlalu kuat di lidah kami. Namun sedikit terimbangi dengan cocolan saus sambal.

Bagi pencinta masakan Jepang autentik rasanya wajib mampir ke Kikugawa. Selain bisa mencicip sajian Jepang gaya rumahan, Anda bisa merasakan suasana bersantap istimewa seperti masa lampau.

Rumah Makan Kikugawa
Jalan Kebon Binatang III Nomor 13
Cikini, Jakarta Pusat
Buka: Senin-Minggu
Makan siang: 11.30-15.00 WIB
Makan malam: 17.30-22.00 WIB
Telepon: 021 3150668

(odi/adr) Kikugawa: Di Resto Jepang Legendaris Ini Ada Ume Set dengan Rasa Autentik

Comments