Kiat Bagi Si Introver Untuk Menghadapi Presentasi (2 - Habis)

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Kiat Bagi Si Introver Untuk Menghadapi Presentasi (2 - Habis)

Kiat Bagi Si Introver Untuk Menghadapi Presentasi (2 - Habis)

KEPONEWS.COM - Kiat Bagi Si Introver Untuk Menghadapi Presentasi (2 - Habis) Ketika Kamu menonton ulang rekaman itu, perhatikan apa saja kelebihan dan kekurangan presentasi Kamu. Memakai video juga membuat Kamu semakin mengenal gaya presentasi dan bicara Kamu. Hal ini sangat m...

Ketika Kamu menonton ulang rekaman itu, perhatikan apa saja kelebihan dan kekurangan presentasi Kamu. Memakai video juga membuat Kamu semakin mengenal gaya presentasi dan bicara Kamu. Hal ini sangat membantu mengurangi energi negatif seperti rasa cemas yang menguras energi para introver saat mempresentasikan sebuah proyek. Rasa familier akan meingkatkan kepercayaan diri sehingga bisa meningkatkan energi positif, papar Hayward.

Tipnya, jangan takut untuk membuat kesalahan di depan kamera. Membuat kesalahan ketika Kamu berlatih di depan kamera justru akan membantu Kamu mengenali kesalahan sehingga hal itu tidak muncul lagi saat Kamu presentasi sungguhan.

Jangan Pikirkan Orang Lain

Orang introver biasanya terlalu fokus pada ilusi transparan, yaitu pemikiran bahwa orang lain bisa mengetahui emosi apa yang sedang dirasakan seolah-olah tubuhnya transparan. Hal ini membuat mereka terlalu mencemaskan pandangan orang lain terhadap dirinya. Ketika mereka merasa gugup, mereka merasa orang lain pasti mengetahui bahwa ia merasa gugup, padahal belum tentu.

Sebelum melakukan presentasi, kalau Kamu merasa gugup, berpikirlah bahwa audiens di hadapan Kamu sesungguhnya tidak bisa merasakan apalagi mengetahui betapa gugupnya Kamu, bahkan meski rasa gugup itu sangat nyata bagi Kamu, saran Hayward.

selesai

(riz / gur)

Rekomendasi

Kiat Bagi Si Introver Untuk Menghadapi Presentasi (2 - Habis)

Comments