Keyboard Tiba-Tiba 'Eror', Lakukan Cara Mudah Ini

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Keyboard Tiba-Tiba 'Eror', Lakukan Cara Mudah Ini

Keyboard Tiba-Tiba 'Eror', Lakukan Cara Mudah Ini

KEPONEWS.COM - Keyboard Tiba-Tiba 'Eror', Lakukan Cara Mudah Ini Laptop menjadi barang yang sering digunakan baik di tempat kerja ataupun di sekolah. Namun satu hal sering terlupakan untuk membersihkan perangkat tersebut, atau membersihkannya secara baik dan benar....

Laptop menjadi barang yang sering digunakan baik di tempat kerja ataupun di sekolah. Namun satu hal sering terlupakan untuk membersihkan perangkat tersebut, atau membersihkannya secara baik dan benar. Kerusakan bakal tidak bisa terhindarkan.

Salah satu yang sering tidak berfungsi setelah lupa dibersihkan ialah keyboard. Beberapa tombol atau keseluruhan tidak berfungsi. Dilansir dari situs YouTube dengan akun AllTechPride, Senin 5 Maret 2018, pertama yang dilakukan dengan menghilangkan debu pada bagian keyboard laptop dengan alat penghilang debu.

Bisa juga menggunakan kuas untuk menghilangkannya. Setelah keyboard, lakukan hal yang sama pada bagian-bagian lain seperti antara layar dan keyboard serta bagian samping laptop.

Bila merasa kurang bersih saat membersihkan debu di bagian keyboard, dari akun Tech Profis menunjukkan, pengguna bisa juga melepas bagian tombol-tombolnya dengan pinset dan obeng dengan mudah, termasuk memasangnya lagi. Tombol keyboard tinggal diangkat menggunakan obeng, bagian dalamnya yang berbentuk kontak bisa juga dilepaskan.

Keyboard Logitech G710+ Mechanical Gaming

Selain debu, kotoran seperti bekas makanan yang masuk ke sela-sela keyboard juga bisa merusak. Dilansir Uber Gizmo, hal paling dasar bisa juga dengan memiringkan laptop dan menggoyangkannya hingga remahan-remahan makanan hilang. Bisa juga dengan membalikkan laptop tapi menggoyangkannya secara lembut.

Sebelum melakukan cara ini laptop harus dalam keadaan mati untuk menghindari kerusakan pada bagian hardware.

Jikalau seluruh keyboard tidak berfungsi, kemungkinan yang terjadi ialah ada masalah pada software. Salah satu yang bisa dilakukan dengan me-restart laptop tersebut.

Masalah lain juga bisa karena pemasangan software baru yang dapat mengubah setting atau pengaturan. Bila ini yang terjadi klik Start menu dan klik Control Panel . Setelah terbuka di bawah 'System and Security' klik 'Back up your computer'. Setelah itu klik 'Recover system setting or your computer' dan lalu klik 'Open System Restore'. Setelah PC dipulihkan, keyboard seharusnya kembali bekerja. (ren)

Comments