Ketatnya Persaingan SUV di Pasar Otomotif Indonesia

Otomotif

News / Otomotif

Ketatnya Persaingan SUV di Pasar Otomotif Indonesia

Ketatnya Persaingan SUV di Pasar Otomotif Indonesia

KEPONEWS.COM - Ketatnya Persaingan SUV di Pasar Otomotif Indonesia JAKARTA - Produsen otomotif di Indonesia belakangan mulai giat meluncurkan beberapa model kendaraan sport utility vehicle (SUV) yang ditawarkan kepada konsumen di tanah air. Meski kendaraan model ini...

JAKARTA - Produsen otomotif di Indonesia belakangan mulai giat meluncurkan beberapa model kendaraan sport utility vehicle (SUV) yang ditawarkan kepada konsumen di tanah air. Meski kendaraan model ini mendominasi penjualan terbesar kedua setelah model kendaraan keluarga atau multi purpose vehicle (MPV).

Dalam meluncurkan produk SUV, beberapa produsen terlihat tak main-main dalam pengembangan model terbarunya. Seperti Mitsubishi yang baru saja mengembangkan Xpander Cross yang mengaplikasikan platform Xpander yang dikenal sebagai model MPV. Mitsubishi sendiri tak sekedar mengubah desain dan ground clearence saja. Karena mobil ini dibekali suspensi rebound spring yang nyaman di banyak sekali kondisi jalan.

Mitsubishi Xpander Cross

Dari sisi dimesin Xpander cross mempunyai bodi lebih lebar 50 milimeter dibanding model MPV, sehingga lebih lapang dalam menyokong kenyamana. Terlebih saat bermanuver SUV ini diklaim lebih stabil. Serta dibekali mesin DOHC 16 valve berkapasitas 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system), mesin ini diklaim sangat responsif pada putaran bawah maupun atas. Mitsubishi Xpander dibanderol dengan harga Rp267 juta hingga 286,7 juta.

Tak hanya Mitsubishi yang bermain di kelas SUV, Suzuki sendiri dalam waktu dekat akan meluncurkan model SUV terbarunya yang akan diberi nama XL7. Langkah pengembangannya pun sama dengan Xpander Cross, dimana XL7 akan memakai platform dari model all new Ertiga. Hadirnya Suzuki XL7 nantinya dinilai pengamat industri otomotif, Bebin Djuana, tidak akan memengaruhi ceruk pasar pesaingnya yang sudah muncul lebih dulu.

Suzuki XL7

Hadirnya model terbaru tersebut justru akan meningkatkan gairah pasar kendaraan SUV dengan hadirnya banyak pilihan model yang ditawarkan beberap a produsen otomotif saat ini. "Justru bisa meningkatkan pangsa pasar segmen ini,"kata Bebin saat dihubungi Okezone melalui sambungan telepon.

Selanjutnya

Comments